Kompas.com - 07/04/2015, 17:03 WIB
Wahana Curiosity memberikan laporan adanya daerah di Mars yang memiliki pembuluh. NASA/JPL-Caltech/MSSSWahana Curiosity memberikan laporan adanya daerah di Mars yang memiliki pembuluh.
EditorTri Wahono


Robot milik NASA Curiosity menemukan rekahan batuan di Mars. Temuan ini memperpanjang daftar bukti bahwa Mars memiliki komponen utama untuk bertahan hidup.

Penemuan jejak rekahan batuan atau vein itu tampak di "Garden City". Sebutan kawasan tersebut terletak pada sebuah gunung dengan tinggi hampir 3,5 mil (sekitar 5,6 kilometer) dari permukaan Mars. Rekahan yang ditemukan Curiosity memiliki komposisi seperti cukup unik. 

"Beberapa dari foto yang dikirimkan Curiosity tampak gelap pada kedua tepi dan berwarna putih di bagian tengah," ujar Linda Kah, salah seorang ilmuwan Curiosity dari University of Tennessee.

Jejak Air

Menurut Kah dan rekan-rekannya, rekahan batuan itu kemungkinan terbentuk ketika ada cairan bergerak melalu retakan batu. Vein ini terbuat dari kalsium sulfat yang juga pernah ditemukan Curiosity di lokasi lain.

Meski demikian, temuan rekahan ini begitu spesial. "Ada sesuatu yang berbeda dari rekahan yang telah ditemukan sebelumnya," papar Kah.

Petunjuk baru mengungkap bahwa cairan yang tersimpan dalam vein itu kemungkinan mengalami perubahan sejak zaman Mars kuno.

Sejauh ini peneliti percaya, rekahan batu terbentuk karena lumpur di danau pada dasar Garden City mengering kemudian mengeras.

Melalui temuan ini pula, semakin banyak bukti bahwa Mars memiliki bahan utama untuk hidup.

Sebelumnya, Curiosity juga berhasil menemukan kandungan nitrogen pada sampel pasir dan batuan lumpur.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X