Kompas.com - 06/04/2015, 12:54 WIB
Orang Rimba ddi wilayah Bukit Subang, perbatasan Taman Nasional Bukit Duabelas, Jambi bersama rumah sederhananya yang disebut Rumah Godong. Yunanto Wiji UtomoOrang Rimba ddi wilayah Bukit Subang, perbatasan Taman Nasional Bukit Duabelas, Jambi bersama rumah sederhananya yang disebut Rumah Godong.
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Gaji bukan hanya datang dari kantor. Hutan pun bisa memberikannya.

Tumenggung Tarib, mantan kepala suku Orang Rimba, adalah salah satu yang mendapatkan gaji dari hutan. Jumlah yang didapatkannya tak bisa dibilang kecil sebab bisa mencapai 7 kali Upah Minimum Regional (UMR) DKI Jakarta.

"Sebulan kalau sekarang dapatnya Rp 5 - 10 juta," katanya ketika ditemui Kompas.com, Selasa (31/3/2015) lalu di Jambi.

Gaji dari hutan didapatkan Tarib dengan memanen karet dan rotan. Ia mengatakan, uang Rp 5 - 10 juta sebenarnya terbilang sedikit. Harga karet yang sedang turun membuatnya cuma meraoh uang sejumlah tersebut.

"Kalau harga karet bagus bisa Rp 20 juta per bulan," imbuhnya. Sekitar tujuh kali UMR DKI Jakarta bukan?

Uang yang diterima Tarib membuktikan bahwa hutan bisa memberikan manfaat bila dilestarikan. Dengan mengelolanya secara berkelanjutan, hutan bisa memberikan uang terus menerus layaknya perusahaan bonafit.

Ilmuwan telah lama menggagas konsep "layanan ekosistem". Definisinya, manfaat langsung atau tidak langsung yang diberikan ekosistem kepada masyarakat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Manfaat itu bisa berupa uang yang bisa dihasilkan dengan mengolah hasil hutan, udara segar yang diberikan oleh pohon-pohon, air yang terus mengalir hingga sumber daya alam yang bisa menjaga kesehatan.

Dari cerita Tarib misalnya, selain uang, Orang Rimba bisa mendapatkan tanaman obat. Untuk menjaga kesehatan, ada pasak bumi. Sementara untuk mengontrol kelahiran bayi, ada lahabi.

Sayang, manfaat hutan itu kerap tak disadari, atau diabaikan. Hutan kerap dibabat, dimanfaatkan untuk tambang, sawit, dan hutan tanaman industri cuma untuk kepentingan segelintir orang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.