Kompas.com - 04/04/2015, 12:50 WIB
Gerhana Bulan langka pada 8 Oktober 2014 diabadikan dari Tangkerang, Pekanbaru, Riau. Warna merah Bulan lebih pudar, diduga akibat pengaruh kabut asap yang membiaskan cahaya. Melvinas PrianadaGerhana Bulan langka pada 8 Oktober 2014 diabadikan dari Tangkerang, Pekanbaru, Riau. Warna merah Bulan lebih pudar, diduga akibat pengaruh kabut asap yang membiaskan cahaya.
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Jangan sampai melewatkan fenomena gerhana bulan langka pada Sabtu (4/4/2015) malam. Anda takkan punya kesempatan lain lagi.

Gerhana kali ini langka sebab durasi totalitasnya yang supersingkat, kurang dari 5 menit. Umumnya, totalitas gerhana bulan terjadi puluhan menit.

Data Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengungkap bahwa gerhana dengan totalitas kurang dari 5 menit hanya terjadi dua kali dalam satu milenium terakhir.

Gerhana-gerhana singkat itu adalah gerhana bulan total 19 April 767 dengan totalitas 2 menit 24 detik dan 17 Oktober 1529 dengan totalitas 1 menit 41 detik.

Gerhana bulan malam nanti merupakan gerhana bulan dengan totalitas kurang dari 5 menit pertama dalam 500 tahun terakhir.

Jika melewatkan gerhana bulan malam ini, itu berarti Anda melewatkan fenomena sekali seumur hidup.

Fenomena bulan merah darah yang supersingkat, menurut data NASA, baru akan terjadi lagi 11 September 2155 dengan durasi totalitas 2 menit 36 detik, 140 tahun lagi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan rata-rata umur manusia kini yang tak sampai 100 tahun, Anda takkan punya kesempatan lain untuk untuk mengamati gerhana bulan supersingkat seperti malam nanti.

Jadi, jika cuaca mendukung, jangan sampai melewatkannya. Simak tips dalam artikel ini untuk mengamatinya. Selamat mengamati.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.