Kompas.com - 03/04/2015, 19:08 WIB
Gerhana bulan dengan latar depan salib di Los Angeles, California, 8 Oktober 2014. Warna merah pada gerhana bulan dipengaruhi oleh pembiasan atmosfer Bumi, disebut dengan 'bulan merah darah'. DAVID MCNEW / GETTY IMAGES / AFPGerhana bulan dengan latar depan salib di Los Angeles, California, 8 Oktober 2014. Warna merah pada gerhana bulan dipengaruhi oleh pembiasan atmosfer Bumi, disebut dengan 'bulan merah darah'.
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Masing-masing fenomena gerhana bulan unik. Begitu juga dengan gerhana Bulan yang akan terjadi pada Sabtu (4/4/2015), bertepatan dengan malam Paskah.

Keunikan pertama adalah durasi totalitasnya. Gerhana bulan besok akan menjadi yang terpendek selama 500 tahun dan sepanjang abad 21.

"Besok totalitas gerhananya hanya 4 menit 43 detik," kata astronom amatir Ma'rufin Sudibyo.

Totalitas terpendek itu terjadi karena dua faktor, jarak Bumi dan Bulan serta jarak Bumi dan Matahari.

Besok, Bulan dan Bumi berada pada jarak yang relatif jauh sementara Bumi berada pada jarak antara titik terdekat dan titik terjauhnya dengan Matahari.

Jarak tersebut membuat Bulan melintas pada tepian area bayangan Bumi, membuatnya mengalami totalitas singkat.

Gerhana Bulan dengan totalitas terpendek sebelumnya terjadi pada 17 Oktober 1529 dengan durasi totalitas hanya 1 menit 41 detik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gerhana bulan besok juga unik sebab menjadi satu-satunya fenomena gerhana, baik bulan maupun matahari, yang bisa dilihat dari Indonesia.

Berdasarkan data Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), ada 2 gerhana bulan dan 2 gerhana matahari yang terjadi selama tahun 2015

Gerhana matahari yang terjadi adalah total pada 20 Maret 2015 dan sebagian pada 13 September 2015.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.