Kompas.com - 03/04/2015, 16:18 WIB
Skema terjadinya gerhana Bulan. pada gerhana Bulan Sabtu (4/3/2015), melewati tepian area bayangan Bumi (dekat puncak segitiga pada bagian yang diarsir abu-abu tua) sehingga durasi totalitasnya pendek. sos.siena.eduSkema terjadinya gerhana Bulan. pada gerhana Bulan Sabtu (4/3/2015), melewati tepian area bayangan Bumi (dekat puncak segitiga pada bagian yang diarsir abu-abu tua) sehingga durasi totalitasnya pendek.
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Gerhana bulan Sabtu (4/4/2015) besok tak biasa. Gerhana itu merupakan yang terpendek dalam 500 tahun terakhir dan tak "seberdarah" biasanya.

Hal itu diungkapkan oleh astronom amatir Ma'rufin Sudibyo saat dihubungi Kompas.com, Jumat (3/4/2015).

Dalam gerhana Bulan, totalitas gerhana biasanya berlangsung lama, bahkan lebih dari 15 menit. Totalitas gerhana bulan besok sangat pendek, kurang dari 5 menit.

"Besok totalitas gerhananya hanya 4 menit 43 detik," kata Ma'rufin yang menyebut gerhana besok akan menjadi yang terpendek sepanjang abad 21.

Panjang pendek totalitas gerhana akan dipengaruhi oleh dua hal, jarak Bumi dan Bulan dan jarak Bumi dan Matahari.

Saat gerhana besok, Bumi berada tak terlalu jauh dengan matahari, tepat antara titik terjauh (aphelion) dan titik terdekat (perihelion).

Sementara, jarak Bumi dan Bulan relatif jauh, mendekati apogee (titik terjauh). 'Jadi bulan besok adalah bulan mini," ungkap Ma'rufin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kombinasi dua hal tersebut menyebabkan Bulan tak "menyelam" terlalu dalam pada saat melewati area bayangan Bumi, memengaruhi durasi totalitasnya.

Ma'rufin mengungkapkan bahwa fenomena gerhana bulan dengan totalitas relatif pendek terjadi "setiap 18,3 tahun sekali."

Karena tak menyelam terlalu dalam, warna Bulan saat gerhana pun takkan merah darah seperti biasanya. Diprediksi, warna akan lebih cerah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.