Semut Membantu Bersihkan Sampah Manusia

Kompas.com - 03/04/2015, 15:45 WIB
Semut di perkotaan menyesuaikan pola konsumsi makanan seperti manusia. SHUTTERSTOCKSemut di perkotaan menyesuaikan pola konsumsi makanan seperti manusia.
EditorTri Wahono


Tahukah Anda bahwa ternyata semut dapat membantu manusia membersihkan sampah? Sebuah penelitian membuktikan hal tersebut.

Semut-semut di New York, AS, ternyata telah mengembangkan rasa terhadap junk food. Penelitian menganalisis 20 spesies semut dan melihat jenis karbon di dalam tumbuhnya. Hasilnya, pada tubuh semut ditemukan sisa makanan olahan yang dimakan manusia.

Semut yang biasa hidup di trotoar dan beraspal ternyata memiliki kadar isotop yang mirip manusia. Sementara semut yang hidup di taman memiliki tingkat isotop lebih rendah.

"Makanan manusia telah memberikan dampak pada pola makanan hewan-hewan yang hidup di jalanan," ujar Clint Penick, salah satu peneliti dari North Caroline State University.

Menurutnya, semut telah membantu manusia dalam pengolahan sampah. Ini pula yang akhirnya menjelaskan mengapa jumlah semut di perkotaan terus mengalami peningkatan.

Penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurrnal Proceedings of the Royal Society B.(Time.com)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X