Misi Terlama Astronot AS dan Kosmonot Rusia Telah Dimulai

Kompas.com - 30/03/2015, 11:38 WIB
Astronot AS Scott Kelly (kiri) dan kosmonot Rusia Gennady Padalka melambaikan tangan sebelum masuk roket Soyuz-FG di Kosmodrom Baikonur, Kazakhstan, Jumat (27/3/2015). AP Photo/Kirill Kudryavtsev, PoolAstronot AS Scott Kelly (kiri) dan kosmonot Rusia Gennady Padalka melambaikan tangan sebelum masuk roket Soyuz-FG di Kosmodrom Baikonur, Kazakhstan, Jumat (27/3/2015).
EditorTri Wahono


KOMPAS.com — Astronot Amerika Serikat Scott Kelly dan kosmonot Rusia Mikhail Kornienko memulai tugas mereka selama 12 bulan di Stasiun Antariksa Internasional.

Mereka resmi meluncur dari Baikonur, Kazakhstan, ke Stasiun Antariksa Internasional pada Jumat (27/3/2015) waktu setempat atau Sabtu (28/3/2015) WIB.

Ini akan menjadi misi mengorbit Bumi terlama pada ketinggian 400 km. Ilmuwan berharap, setelah misi tersebut selesai, mereka dapat memahami dampak dari hidup di luar angkasa dengan gravitasi nol pada tubuh manusia dalam kurun waktu yang lama.

Badan Antariksa AS (NASA) menyatakan, data yang berhasil didapatkan akan sangat berharga untuk melancarkan misi ke Mars.

Turut bergabung bersama mereka adalah kosmonot Gennady Padalka. Namun, Padalka hanya akan bertugas selama enam bulan.

Dampak pada tubuh

Pengetahuan tentang bagaimana mengurangi beberapa efek buruk dari tinggal di daerah dengan gravitasi nol berkembang seiring dengan waktu. Besar harapan, Kelly dan Kornienko akan kembali dalam kondisi yang lebih baik daripada astronot terdahulu.

Nutrisi dan program olahraga teratur telah disiapkan untuk mencegah tulang keropos dan melemah yang dialami astronot-astronot sebelumnya. 

Namun, ada masalah lain yang masih perlu dipelajari dan dipahami oleh para dokter. Tinggal di luar angkasa diduga berdampak pada fungsi kekebalan tubuh lainnya, seperti adanya kekhawatiran yang cukup besar mengenai kerusakan pada mata.

Ini adalah fenomena yang baru diakui dan tampaknya terkait dengan cara cairan didistribusikan dalam tubuh yang ringan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X