Panda Edinburgh Menjalani Pembuahan Buatan

Kompas.com - 27/03/2015, 07:16 WIB
Ilustrasi Panda. ShutterstockIlustrasi Panda.
EditorHindra Liauw

KOMPAS.com - Panda besar betina di Kebun Binatang Edinburgh telah menjalani inseminasi buatan. Kebun binatang juga berusaha membuatnya melakukan perkawinan alamiah sebelum masa subur yang pendek berakhir.

Edinburgh mendapatkan panda tersebut lewat program peminjaman dari Tiongkok pada tahun 2011 dan usaha sebelumnya untuk membuat mereka kawin mengalami kegagalan.

Tian Tian yang berarti si Manis dan Yang Guang atau Sinar Matahari adalah panda raksasa pertama yang tinggal di Inggris selama 17 tahun.

Panda terakhir di Inggris, Ming Ming dan Bao Bao, meninggalkan kebun binatang di London pada tahun 1994 setelah gagal berkembang biak.

Iain Valentine, direktur panda besar Royal Zoological Society of Scotland (RZSS) mengatakan pembuahan buatan pada Tian Tian dilakukan Kamis (26/3/2015) dinihari.

"Prosedur dilakukan oleh tim ahli tiga dokter hewan pada RZSS, di samping Dokter Wang Chengdong dari China Conservation and Research Centre for Giant Pandas (CCRCGP)," katanya.

"Hanya sperma dari panda jantan Yang Guang yang digunakan pada prosedur tersebut.

"Pembuahan alamiah juga diusahakan hari ini sebelum berakhirnya masa subur yang pendek pada sore ini (Kamis) karena kedua panda masih sangat saling tertarik, tetapi Tian Tian terlalu cepat mencapai puncak sehingga yang menjadi prioritas adalah langsung melakukan inseminasi buatan," tambah Valentine.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X