Kompas.com - 25/03/2015, 18:28 WIB
Deretan minuman wine tertata rapi di rak saat peresmian Fourties Resto Wine House KTV Kemang, Jakarta, Jumat (27/04/2012). MUNDRI WINANTODeretan minuman wine tertata rapi di rak saat peresmian Fourties Resto Wine House KTV Kemang, Jakarta, Jumat (27/04/2012).
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Penelitian yang dilakukan di Universitas Adelaide telah mengungkapkan, tingkat keasaman dalam minuman anggur atau ‘wine’ bisa menyebabkan kerusakan gigi.

Sebuah studi menunjukkan, mencicipi minuman ‘wine’ selama 10 menit bisa menimbulkan pelunakan enamel gigi.

Dosen senior di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Adelaide, Dr Sarbin Ranjitkar, mengatakan, tingkat asam yang ditemukan dalam minuman anggur sama dengan yang ada di jus jeruk.

"Jika asam anggur berkontak langsung dengan struktur gigi, ia melarutkan gigi. Ini tak terjadi pada semua individu, tetapi ketika gigi mencoba bertahan, mekanisme pelindung gigi menjadi turun, asam dari minuman wine bisa merusak," kemukanya.

Dr Sarbin mengatakan, mereka yang suka mencicipi minuman anggur, berlawanan dengan mereka yang minum wine secara reguler, adalah kelompok paling berisiko mengalami kerusakan gigi, karena frekuensi anggur berputar-putar di mulut mereka.

"Untuk seorang peminum reguler, beberapa tegukan biasanya tak menjadi masalah. Untuk mereka yang mencicipi anggur secara profesional, kami memiliki satu pedoman tentang bagaimana merawat gigi mereka,” ungkapnya.

Ia menyambung, "Kami fokus pada upaya menempatkan lapisan pelindung gigi dengan menggunakan apa yang disebut ‘agen pemadatan’ dalam bentuk kalsium fosfat dan fluorida."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.