Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penelitian Ungkap Cara Tepat Menanak Nasi agar Lebih Rendah Kalori

Kompas.com - 25/03/2015, 14:57 WIB

KOMPAS.com — Peneliti dari Sri Lanka menemukan cara tepat memasak nasi agar rendah kalori. Dengan caranya, ia mengklaim, kalori pada nasi bisa berkurang 60 persen.

Sang peneliti bernama Sudhair James mengungkapkan bahwa cara memasak nasi yang tepat itu adalah menanaknya dengan mencampurkan 1 sendok teh minyak kelapa selama 40 menit, kemudian mendinginkan dan menyimpannya di kulkas selama 12 jam sebelum memakannya.

"Pendinginan penting sebab amilosa, komponen pati yang larut terhadap air, membentuk granula selama gelatinisasi," katanya.

"Mendinginkan selama 12 jam akan memicu pembentukan ikatan hidrogen antara molekul amilosa di luar biji nasi sehingga mengubahnya menjadi pati resisten," imbuhnya seperti dikutip BBC, Senin (23/3/2015).

Menurut James, setelah didinginkan, tak masalah bila nasi akan dipanaskan lagi. Hal itu takkan membuat kalori nasi meningkat.

James telah menguji coba cara tersebut pada 38 varietas beras. Kini dia berencana mencari varietas beras terbaik untuk diproses dengan cara itu, selain meneliti pengaruh jenis minyak lain pada penurunan kalori.

Berminat? Priya Tew dari British Dietetic Association mengatakan bahwa riset itu bagus. "Namun, belum ada studi pada manusia (untuk melihat dampaknya)," katanya.

Selama belum ada informasi tentang efektivitasnya, Tew menyarankan publik untuk menanak nasi dengan cara seperti biasa. James melaporkan temuannya kepada American Chemical Society.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com