Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peneliti Bingung Lihat Burung Pelangi Makan Daging Cincang

Kompas.com - 24/03/2015, 13:13 WIB


KOMPAS.com — Perilaku sejumlah burung lorikeet pelangi yang biasa mendatangi sebuah rumah di Brisbane yang menyediakan daging untuk burung-burung tersebut membuat para ahli bingung. Sebab, lorikeet ini dikenal tidak pernah makan daging.

Salah seorang ahli burung, Profesor Darryl Jones dari Griffith University, yang sedang menyelidiki dampak kebun belakang rumah si pemberi makan terhadap populasi burung, bingung karena biasanya lorikeet ini hanya makan polen atau bunga.

Lorikeet adalah jenis burung yang hanya terdapat di kawasan Australia, dan masuk dalam keluarga burung kakatua.

"Saya sudah melakukan penelitian mengenai apa yang dimakan oleh burung di seluruh dunia," kata Profesor Jones.

"Saya mengetahui persis tindakan aneh dan apa saja yang dimakan oleh burung di seluruh Australia. Melihat lorikeet makan daging mengagetkan saya karena saya belum pernah mendengar hal ini sebelumnya," kata dia.

Selama bertahun-tahun, Bill yang memiliki properti di kawasan Elimbah di utara Brisbane tersebut menyediakan daging cincang untuk sejumlah jenis burung, seperti gagak, currawongs, dan kookaburra. Dia juga menyediakan biji-bijian untuk sejumlah jenis burung lain, seperti lorikeet, gala, dan kakatua raja.

Dia memberi makan belasan burung itu setiap hari, dan dia tahu persis mana yang menjadi kesukaan mereka.

Tujuh tahun lalu, Bill menyadari bahwa lorikeet ini makan daging, dan dia sejak itu terus memberikan daging cincang.

"Pada awalnya mereka makan biji-bijian. Namun, kemudian mereka mengusir burung yang lain dari daging, dan itu membuat saya heran," kata Bill.

Profesor Jones mengatakan, ketersediaan makanan lain membuatnya heran bahwa lorikeet ini memilih memakan daging.

"Ini sama sekali tidak masuk akal. Ini membuat saya berpikir apakah burung-burung yang ada dalam foto ini memerlukan protein," ujarnya. "Namun, terlihat juga bahwa burung-burung ini sebenarnya tampak sangat sehat," kata dia.

"Yang juga mengherankan adalah perilaku mereka mengusir burung lain yang hendak makan daging tersebut," kata Jones.

"Ini yang aneh. Mungkin lorikeet ini melihat burung lain makan daging, dan mereka tertarik juga, dan kemudian mencoba, lalu menyukainya," ujarnya.

Profesor Jones mengatakan, dia belum pernah melihat dokumen mengenai adanya lorikeet yang memakan daging.

"Bila memang kenyataannya begitu, tentu sudah ada informasi seperti ini sebelumnya."

Seorang pemelihara satwa liar berlisensi, Fran Sanders, yang sudah merawat binatang liar dan burung di Brisbane selama 25 tahun terakhir juga mengatakan hal yang sama.

"Saya belum pernah mendengar hal ini sebelumnya. Saya tahu, ketika warga memberi tempat makan di belakang rumah mereka, banyak burung akan datang karena mereka jadi gampang memperoleh makanan. Mungkin saja banyak burung ini malas, dan memakan makanan yang bukan untuk mereka karena memang tersedia," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com