Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangutan Menutup Mulut untuk Mengubah Suara

Kompas.com - 20/03/2015, 08:00 WIB

KOMPAS.com — Orangutan menggunakan tangan untuk mengubah suara agar terdengar lebih besar. Demikian kata para ilmuwan.

Binatang ini menutup mulut ketika mengeluarkan suara panggilan peringatan yang sering kali menandakan adanya pemangsa di dekatnya.

Para peneliti sekarang mengkaji suara "ciuman mencicit dengan menggunakan tangan" tersebut yang diperkirakan agar suara binatang itu terdengar lebih besar dan "lebih mengesankan".

Temuan ini diterbitkan dalam jurnal Experimental Biology. Demikian lapor wartawan BBC, Victoria Gill.

Jika orangutan melakukan ini secara sengaja—binatang itu mengetahui bahwa hal ini akan memperbesar ukuran—para peneliti berpikir ini kemungkinan adalah bentuk pendahuluan bahasa, seekor binatang secara sengaja mengubah suara yang dikeluarkan, yang kemudian mengubah arti.

Tim peneliti dari Belanda, Belgia, dan Inggris ini juga yang pertama kali menyadari orangutan mengubah suara ciuman mencicit dengan menggunakan tangan pada 2009.

Namun, perubahan yang mereka temui tidak begitu berbeda. Karena itulah, tim memutuskan untuk menganalisis lebih dalam guna memahami secara pasti pengaruhnya terhadap suara orangutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com