Semut dengan Tubuh Berduri Ditemukan di Australia

Kompas.com - 05/03/2015, 19:07 WIB
Semut berduri Kohout CSIROSemut berduri Kohout
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Spesies semut baru telah ditemukan di area yang direhabilitasi dari tambang bauksit di Wilayah Utara Australia.

Ditemukan oleh Dr Ben Hoffman dari CSIRO di tambang Rio Tinto dekat Nhulunbuy, semut baru ini dinamakan semut berduri Kohout dan masuk dalam genus Polyrhachis yang berarti memiliki banyak duri.

Dr Ben mengatakan, ada beberapa spesies semut baru yang ditemukan baru-baru ini di wilayah tersebut, tapi semut berduri Kohout adalah salah satu yang paling menarik.

"Ia punya tanduk duri serupa banteng yang sangat besar di bagian belakang tubuhnya. Ini menarik, tapi harus diingat bahwa tahun ini saja, kami telah menempatkan 98 spesies baru ke koleksi yang ada di Darwin,” jelasnya.

Ia menambahkan, “Kami sejujurnya tak tahu berapa banyak spesies semut yang ada di luar sana, karena kami terus menemukan begitu banyak spesies baru.”

Dr Ben mengatakan, ia telah mendapat seekor semut yang diberi nama seperti dirinya, sehingga ia memilih nama spesies baru ini seperti pensiunan ilmuwan Rudy Kohout, yang menerbitkan banyak jurnal tentang genus Polyrhachis.

"Bertahun-tahun, Ia [Rudy] mendedikasikan dirinya untuk taksonomi kelompok semut yang spesifik ini, jadi saya pikir akan sangat menarik jika ini menjadi suatu kehormatan nyata untuk menamakan salah satu semut seperti dirinya, dan dia pun dengan senang menerimanya," ungkap Dr. Ben.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X