Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fosil yang Ditemukan di Dekat Goa Pindul Diperkirakan Berusia Satu Juta Tahun

Kompas.com - 21/01/2015, 11:15 WIB


YOGYAKARTA, KOMPAS.com
 — Tiga fosil hewan purba yang ditemukan di delta Kali Oya di Dusun Sokoliman, Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, diperkirakan berusia ratusan hingga satu jutaan tahun.

"Usianya lebih dari 800.000 tahun hingga satu juta tahun atau seusia dengan fosil-fosil yang banyak ditemukan di Sungai Baksoka di Pacitan, Jawa Timur," kata Kepala Balai Arkeologi Yogyakarta, Siswanto, Senin (19/1/2015) kemarin.

Binatang yang hidup saat itu berada di rentang periode yang sama dengan mausia purba Homo erectus yang hidup antara 1,6 juta tahun hingga 150.000 tahun lalu. 

Penemu fosil tersebut adalah Bambang Sukito, seorang peminat batu akik asal Dusun Ngringin, Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul.

Penemuan ini terjadi pada pertengahan Desember 2014, tetapi baru terungkap sebagai fosil hewan purba akhir pekan lalu.

Fosil-fosil terdiri dari dua tulang sendi paha depan binatang berkaki empat dan diduga fosil gigi geraham. Siswanto membenarkan bahwa dua obyek itu fosil asli yang diduga ujung tulang persendian hewan purba jenis Bovidae. Hewan purba jenis Bovidae sekeluarga dengan sapi, kerbau, dan banteng.

"Ini sudah menjadi fosil sempurna," kata Siswanto saat mengamati langsung dua obyek yang dibawa reporter Tribun Jogja.

Siswanto mengatakan, memang di Gunung Kidul banyak ditemukan fosil-fosil purba. Maka dari itu, masyarakat yang hidup pada saat ini harus menjaganya untuk kepentingan sejarah.

Namun, untuk fosil binatang masih belum banyak ditemukan. Temuan fosil binatang purba di alur Kali Oya tak jauh dari obyek wisata Goa Pindul di Bejiharjo ini bisa mengubah sejarah desa itu.

Jutaan tahun lalu, lembah Kali Oya kemungkinan jadi hunian makhluk-makhluk prasejarah, seperti situasi di situs legendaris Sangiran, Sragen, Jateng. (Hari Susmayanti & M Nur Huda)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com