Kompas.com - 21/01/2015, 11:15 WIB
Fosil hewan purba yang ditemukan di Gunungkidul, DI Yogyakarta. TRIBUN JOGJAFosil hewan purba yang ditemukan di Gunungkidul, DI Yogyakarta.
EditorTri Wahono


YOGYAKARTA, KOMPAS.com
 — Tiga fosil hewan purba yang ditemukan di delta Kali Oya di Dusun Sokoliman, Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, diperkirakan berusia ratusan hingga satu jutaan tahun.

"Usianya lebih dari 800.000 tahun hingga satu juta tahun atau seusia dengan fosil-fosil yang banyak ditemukan di Sungai Baksoka di Pacitan, Jawa Timur," kata Kepala Balai Arkeologi Yogyakarta, Siswanto, Senin (19/1/2015) kemarin.

Binatang yang hidup saat itu berada di rentang periode yang sama dengan mausia purba Homo erectus yang hidup antara 1,6 juta tahun hingga 150.000 tahun lalu. 

Penemu fosil tersebut adalah Bambang Sukito, seorang peminat batu akik asal Dusun Ngringin, Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul.

Penemuan ini terjadi pada pertengahan Desember 2014, tetapi baru terungkap sebagai fosil hewan purba akhir pekan lalu.

Fosil-fosil terdiri dari dua tulang sendi paha depan binatang berkaki empat dan diduga fosil gigi geraham. Siswanto membenarkan bahwa dua obyek itu fosil asli yang diduga ujung tulang persendian hewan purba jenis Bovidae. Hewan purba jenis Bovidae sekeluarga dengan sapi, kerbau, dan banteng.

"Ini sudah menjadi fosil sempurna," kata Siswanto saat mengamati langsung dua obyek yang dibawa reporter Tribun Jogja.

Siswanto mengatakan, memang di Gunung Kidul banyak ditemukan fosil-fosil purba. Maka dari itu, masyarakat yang hidup pada saat ini harus menjaganya untuk kepentingan sejarah.

Namun, untuk fosil binatang masih belum banyak ditemukan. Temuan fosil binatang purba di alur Kali Oya tak jauh dari obyek wisata Goa Pindul di Bejiharjo ini bisa mengubah sejarah desa itu.

Jutaan tahun lalu, lembah Kali Oya kemungkinan jadi hunian makhluk-makhluk prasejarah, seperti situasi di situs legendaris Sangiran, Sragen, Jateng. (Hari Susmayanti & M Nur Huda)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.