Katak "Bertanduk" hingga Begonia Batak, "Harta Karun" Indonesia yang Terungkap Tahun 2014

Kompas.com - 31/12/2014, 19:18 WIB
Pseudocalotes cybelidermus Amir Hamidy/ZootaxaPseudocalotes cybelidermus
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Spesies hewan dan tumbuhan yang cantik, unik, dan aneh terungkap lewat ketekunan taksonom Indonesia dalam mengidentifikasi. Dari ragam spesies yang ditemukan, berikut beberapa yang paling menarik.

Katak Bertanduk

Species Diversity Polypedates pseudotilophus

Katak ini ditemukan oleh ahli herpetologi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Amir Hamidy. Nama spesies katak itu adalah Polypedates pseudotilophus.

Sebelumnya, spesies katak bertanduk yang ditemukan di bumi Sumatera (P pseudotilophus) ini dianggap jenis yang sama dengan yang di Kalimantan (P otilophus). Namun, analisis genetik dan morfologi mengungkap bahwa keduanya berbeda.

"Tanduk" yang dimiliki oleh P pseudotilophus sejatinya adalah tonjolan tulang di kepala. Tonjolan ini salah satunya berfungsi untuk melindungi diri dari mangsa.

Bunglon Berleher Ungu dan Jahitan Punggung

Amir Hamidy/Zootaxa Pseudocalotes guttalineatus

Tahun 2014, Indonesia punya tiga jenis bunglon baru. Ketiganya ditemukan di kawasan Bukit Barisan, Sumatera. Ketiganya juga ditemukan oleh Amir Hamidy.

Spesies pertama dinamai Pseudocalotes cybelidermus, disebut bunglon berleher ungu. Jenis kedua disebut P guttalineatus mempunyai ciri unik berupa pola garis putus-putus berwarna kebiruan pada bagian leher.

Jenis ketiga dinamai P rhammanotus, punya  punya karakter khas berupa sisik menonjol di bagian punggung, disebut bunglon dengan jahitan punggung.

Begonia "Bermarga" Siregar