Larangan Pria Gay Mendonorkan Darahnya Dicabut

Kompas.com - 29/12/2014, 16:00 WIB
Ilustrasi donor darah. ilustrasiIlustrasi donor darah.
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Pria homoseksual (gay) dan juga biseksual kini boleh mendonorkan darahnya di Amerika Serikat. Dicabutnya laranga ini oleh lembaga obat dan makanan AS (FDA) menjadikan AS sama seperti negara lain seperti Inggris dan Australia yang tidak lagi memiliki aturan serupa.

Sebelumnya memang ada larangan bagi pria gay di AS mendonorkan darahnya. Larangan tersebut telah ada sejak epidemi HIV/AIDS di pertengahan tahun 1980-an.

Walau begitu, pria yang melakukan hubungan seksual dengan sesama jenis dalam periode 12 bulan terakhir masih dilarang menyumbangkan darahnya. Sebelumnya, peraturan menyebutkan pria yang berhubungan seks dengan pria lain sejak tahun 1977 tak diperbolehkan menjadi donor darah.

Alasan waktu 12 bulan tersebut dibuat berdasarkan pertimbangan dibutuhkan waktu sekitar 2-4 minggu untuk mengetahui infeksi HIV dari contoh darah dan beberapa bulan untuk mendeteksi hepatitis B.

Pelarangan donor darah bagi kaum homoseksual ini sudah sejak lama diprotes di AS karena dianggap diskriminasi dan menimbulkan citra buruk.

Dengan perkembangan metode pengujian HIV, para ahli dari American Medical Assocation mengatakan bahwa pelarangan donor tersebut sebenarnya tidak diperlukan lagi.

Di negara lain, seperti Inggris, Jepang dan Australia, pelarangan donor darah juga berlaku bagi pria yang berhubungan seks dengan pria lain dalam periode setahun terakhir.

Sementara itu di Kanada berlaku pelarangan 5 tahun. Di Meksiko, Italia, Polandia, Portulal, Rusia, dan Spanyol tidak ada pelarangan bagi pria homoseksual, tapi mereka memberlakukan penapisan dan kuesioner yang lebih ketat.

Selain itu, di AS pria dan wanita dengan preferensi seksual apa pun juga dilarang mendonorkan darahnya selama satu tahun setelah berhubungan seks dengan seseorang yang positif HIV, pekerja seks komersil, atau pengguna narkoba jarum suntik.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber BBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X