Stephen Hawking: Kecerdasan Buatan Mengancam Umat Manusia

Kompas.com - 05/12/2014, 19:51 WIB
Stephen Hawking Bluewater ComicsStephen Hawking
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Stephen Hawking, fisikawan ternama dunia, mengingatkan bahwa kecerdasan buatan yang dikembangkan saat ini dapat menimbulkan ancaman bagi eksistensi manusia.

"Pengembangan kecerdasan buatan penuh dapat berarti akhir dari manusia," katanya seperti dikutip BBC, Rabu (3/12/2014).

Hawking memberikan komentar tersebut saat ditanya perihal perubahan peralatan komunikasi yang membantunya, yang merupakan dasar dari kecerdasan buatan.

Hawking yang menderita kerusakan saraf amyotropic lateral sclerosis (ALS) kini menggunakan sistem baru yang dikembangkan oleh Intel untuk membantu bicara.

Sistem itu juga dilengkapi dengan teknologi dari Swiftkey, berupa aplikasi keyboard pada smartphone yang bisa membaca pikiran Hawking dan memberi masukan kata-kata yang dipakai.

Hawking mengatakan, kecerdasan buatan dasar yang digunakan pada mesinnya memang telah terbukti membantu. Namun, pada masa depan, kecerdasan buatan bisa mengancam manusia.

"Kecerdasan buatan dapat berkembang sendiri, mendesain ulang dirinya dengan kecepatan yang terus bertambah," kata Hawking.

"Manusia, yang dibatasi oleh evolusi biologi yang lambat, bisa tersaingi dan dikalahkan," imbuh fisikawan penggagas M-Theory itu.

Rollo Carpenter, pembuat Cleverbot, aplikasi yang didesain untuk chatting seperti manusia, mengatakan, dampak kecerdasan buatan takkan seperti yang dikhawatirkan Hawking.

"Saya percaya, dalam waktu lama, kita akan tetap berperan pada pengembangan teknologinya. Sementara itu, potensinya untuk menyelesaikan masalah dunia akan segera disadari," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X