Kompas.com - 05/12/2014, 18:40 WIB
Fitur menyerupai otak manusia di Lembah Athabasca, Mars. NASAFitur menyerupai otak manusia di Lembah Athabasca, Mars.

KOMPAS.com - Kamera Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menangkap fitur unik di permukaan Mars. Tampak seperti otak dari kejauhan, fitur tersebut adalah jejak aliran lava di planet merah pada masa lalu.

Fitur itu terletak di wilayah Lembah Athabasca, punya lebar sekitar 2 kilometer. NASA seperti dikutip Daily Mail, Kamis (4/12/2014), menyatakan, "fitur itu seperti pulau lingkaran yang dikelilingi oleh aliran lava."

Menurut NASA, fitur tersebut mungkin terbentuk oleh vulkanisme Mars pada masa lalu. Lava mengintrusi bagian bawah permukaan, mengangkat beberapa wilayah dari bawah sehingga ada yang lebih tinggi dari sekitarnya.

"Ini terlihat seperti ada material yang hilang pada gundukan itu, mungkin ada sejumlah es yang hilang akibat panas dari lava. Kami berharap pengamatan dekat oleh kamera HiRISE dan lainnya akan memberi petunjuk tentang formasi ini," demikian dinyatakan NASA.

Lembah Athabasca adalah sebuah kanal di Mars, terbentuk oleh banjir bandang pada masa lalu. Analisis citra yang diambil kamera HiRISE pada Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) mengungkap, sejumlah fitur banjir yang membentuk wilayah itu tertutupi lava.

Aliran lava di lembah sepanjang 285 kilometer tersebut dinyatakan sebagai yang termuda di Mars. Diprediksi, aliran itu terjadi pada Masa Amazonian Akhir, sekitar 100 juta tahun lalu.

Usia air yang pernah membanjiri Lembah Athabasca sulit ditentukan karena tertutupnya fitur banjir oleh lava. Namun, diduga banjir bersumber dari wilayah bernama Cerberus Fossae.

Mars menyimpan sejumlah fitur unik. Selain fitur serupa otak ini, Mars punya fitur lain yuang menyerupai huruf paku serta batu kerikil yang berbentuk melingkar, tanda air pernah mengalir di planet yang kini kering itu.