Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan Rela Jual Medali Nobel untuk Biayai Penelitian

Kompas.com - 27/11/2014, 17:05 WIB

KOMPAS.com — Penemu struktur asam nukleat (DNA), James Watson, akan menjual medali Nobel Kedokteran yang diterimanya dalam sebuah acara lelang di Christie's, New York, Amerika Serikat, pada 4 Desember 2014 mendatang.

Diberitakan CNN, Rabu (26/11/2014), uang yang didapatkan dari pelelangan itu akan digunakan untuk membiayai proyek-proyek penelitian di universitas dan lembaga riset tempat Watson pernah bekerja sebelumnya.

Medali Nobel Kedokteran atau Fisiologi Watson akan menjadi medali nobel pertama yang dijual oleh pemiliknya yang masih hidup. Panitia lelang menaksir, medali tersebut bakal laku dengan harga mencapai 3,5 juta dollar AS atau sekitar Rp 42 miliar.

Watson menerima Nobel Kedokteran atas jasanya menemukan struktur dasar kehidupan, asam nukleat, yang berupa pita ganda. Tahun 1962, dia berbagi penghargaan itu dengan rekannya, Francis Crick dan Maurice Wilkins.

Penemuan Watson dan rekannya mengubah dunia biologi dan kedokteran. Semua penelitian lanjut, mulai komponen DNA, gen-gen yang menyusunnya, serta teknologi rekayasa genetika, berdasar dari temuan Watson.

Selain menjual medalinya, Watson juga bakal melelang catatan naskah pidato yang dibacakan saat dirinya menerima penghargaan itu di Stockholm. Diperkirakan, naskah itu bakal laku seharga 300.000-400.000 dollar AS atau Rp 360-480 juta.

Kepada institusi mana Watson akan memberikan uang hasil lelang? Watson mengatakan, "Saya akan memberikannya sebagai hadiah kepada Cold Spring Harbor Laboratory, University of Chicago, dan Clare Colleg Cambridge."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com