Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lalat yang Ini Bermanfaat

Kompas.com - 15/11/2014, 17:07 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - PT Gunung Madu Plantation (GMP) Lampung menjadi tuan rumah uji coba mengolahan sampah sisa perkebunan dengan menggunakan tentara lalat hitam (Hermetia illucens) atau lebih dikenal biokonversi black soldier fly (BSF).

"Sampah yang diolah oleh lalat mampu tereduksi sebanyak 80 persen, sisanya akan menjadi larva yang mengandung protein tinggi," kata peneliti BSF Agus Pakpahan, Sabtu (15/11/2014). Dia mengatakan, pengolahan sampah sisa perkebunan memakai teknik biokonversi BSF ini baru kali pertama terlaksana di Lampung..

Menurut Agus, larva lalat yang dihasilkan teknik tersebut dapat dijadikan pakan ternak berprotein tinggi. Adapun bangkai lalat itu dapat dimanfaatkan menjadi bahan bio-plastik, farmasi, dan untuk bahan pembuatan kosmetik.

Sementara itu, Manajer Umum dan Keuangan PT GMP Lampung Gunamarwan, menambahkan, dalam sekali panen perusahaannya menghasilkan 80.000 ton sisa olahan tebu alias blotong. Dia menyambut baik uji coba biokonversi BSF ini, terlebih lagi didapatkan perbaikan kondisi lahan yang signifikan setelah uji coba itu.

"Hasil uji coba metoda biokonversi BSF ini membuktikan mampu meningkatkan (kandungan) nitrogen (tanah) yang semula 0,2 meningkat menjadi 1,2 persen. Selain itu tanah lebih remah dan lapisan olah yang semula 10 cm menjadi 14 cm," tutur Gunamarman.

Selain dipakai untuk menangani blotong, lanjut Gunamarman, pelahan perusahaan itu membiasakan karyawannya memisahkan sampah organik dan anorganik. Sampah organik akan turut diolah menggunakan lalat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com