Kompas.com - 12/11/2014, 17:30 WIB
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani dalam sesi wawancara di Kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (31/10/2014). KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZESMenteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani dalam sesi wawancara di Kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (31/10/2014).
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Bagi awam, peran teknologi informasi mungkin adalah kemudahan mendapatkan informasi, internet cepat, dan kemudahan mendapatkan hiburan. Namun, bagaimana teknologi informasi di mata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani?

Dalam sambutan kunci pada acara dialog nasional Inovasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pelayanan Publik secara Elektronik di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Rabu (12/11/2014), Puan menyampaikan pandangannya.

Menurut Puan, teknologi informasi sangat penting perannya dalam mendukung pemerintahan, pembangunan manusia, dan revolusi mental. Dalam pemerintahan, teknologi informasi bakal mendukung terciptanya pemerintahan efektif, demokratis, dan terpercaya.

Teknologi informasi juga membantu pembangunan manusia. Dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo, Puan menyebut salah satu upaya pembangunan manusia adalah adanya Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

"Sistem elektronik ini akan membantu pemerintah memberikan pelayanan publik efektif," katanya. Puan mengingatkan, hal itu akan bisa dicapai bila data-data pendukung pelayanan tersebut akurat.

Puan menambahkan, teknologi informasi sendiri akan membantu pemerintah mengumpulkan data-data penting. "Di masa depan, kebijakan pemerintah bisa selalu didasarkan pada data-data yang akurat," kata Puan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X