Kompas.com - 28/10/2014, 11:46 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, M Nasir, menegaskan bahwa penggabungan Kementerian Riset dan Teknologi pada kabinet sebelumnya dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi akan berlangsung lancar.

"Regorganisasi adalah hal biasa. Jangan ada resistensi pada perubahan organisasi itu," kata M Nasir dalam acara serah terima jabatan dari Menristek sebelumnya, Gusti Muhammad Hatta kepada dirinya pada Selasa (28/10/2014).

Nasir menuturkan, reorganisasi akan menjadi program awalnya. Dia ingin memastikan bahwa penggabungan berjalan lancar dan pekerjaan pokok kementeriannya bisa segera dimulai. "Kita targetkan selesai akhir 2014," ungkapnya.

Terkait reorganisasi tersebut, Nasir mengatakan bahwa karyawan di Kementerian Ristek dan Dirjen Dikti tak perlu khawatir. Sesuai arahan Presiden, Nasir mengatakan bahwa pihaknya akan menggunakan sumber daya yang ada untuk segera memulai program.

Konsekuensi dari reorganisasi, perubahan nama eselon satu memungkinkan. "Berapa banyaknya, kita akan lakukan kajian dulu. Nanti perubahannya akan kita sesuaikan dengan hasil kajian," jelas Nasir.

Dalam acara serah terima, Nasir menerima "warisan" pekerjaan rumah dari Gusti Muhammad Hatta. Dua diantaranya adalah memacu terbitnya peraturan pemerintah terkait Undang-undang keantariksaan serta standarisasi dan penilaian kesesuaian.

Nasir sendiri mengatakan, pihaknya akan berupaya menjawab tantangan sesuai program Presiden Joko Widodo, yaitu pengembangan kemaritiman serta sinergi riset antara pendidikan tinggi dan lembaga penelitian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.