Bolehkah Penyandang Autisme Jadi Donor Darah?

Kompas.com - 23/10/2014, 12:35 WIB
Ilustrasi donor darah. ilustrasiIlustrasi donor darah.
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Pasokan darah di kantor PMI masih rendah, karena itu hendaknya masyarakat memiliki kesadaran untuk menyumbangkan darahnya. Selama bertubuh sehat dan tak memiliki penyakit menular, sebenarnya setiap orang boleh jadi pendonor darah, tak terkecuali penyandang autisme.

Menurut dr.Salimar Salim, MARS, Kepala Unit Donor Darah PMI DKI Jakarta, penyandang autisme yang ingin menyumbangkan darahnya perlu mengikuti persyaratan seperti halnya pendonor biasa. Syarat tersebut antara lain berat badan, usia, dan bebas dari penyakit serius.

"Yang membedakan mungkin mereka harus ada pendamping khusus saat melakukan donor darah," kata Salimar di acara talk show kegiatan donor darah yang diadakan oleh mal Senayan City Jakarta, Rabu (22/10/14).

Darah yang berikan pendonor yang menyandang autisme, menurut dia, sama saja dengan orang lain dan tidak akan menularkan penyakitnya. “Autisme adalah gangguan perkembangan yang terjadi di otak anak sehingga menyebabkan ia mengalami gangguan tumbuh kembang. Untuk masalah mutu darah tidak ada perbedaan dan prosedurnya sama dengan yang lain,” katanya.

Ia juga menyebutkan berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan menyumbang darah secara rutin. Selain membantu orang lain, jika kita menyumbangkan darah secara rutin maka tubuh akan terus memproduksi darah baru. "Ini bisa bikin kita jadi lebih fit," ujarnya.  (Eva Erviana)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X