Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/10/2014, 19:11 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Buaya dan aligator memiliki kemampuan kerja sama yang tinggi seperti manusia. Hal itu terungkap dalam hasil riset perilaku buaya yang dipublikasi di jurnal Ethology, Ecology and Evolution.

Penelitian yang dipimpin oleh Vladimir Dinets dari Departemen Psikologi, Universitas Tennessee, itu mengungkap bahwa buaya dan aligator menunjukkan kemampuan kerja sama saat menyerang mangsa.

Dalam satu kasus, sekelompok buaya akan mengepung kawanan ikan. Perlahan, buaya akan merapat sehingga kawanan ikan terpaksa memampatkan koloni, membentuk serupa bola. Akhirnya, buaya menyambar ikan dari tengah.

Pada aligator, jika ukurannya berbeda satu sama lain, mereka akan berbagi peran. Yang lebih besar menyerang ikan dari dalam. Sementara yang lebih kecil akan berjaga-jaga mencegah mangsa lari.

Di kasus lain, seekor buaya air asin akan menakuti babi yang menyeberang sebuah danau, sementara buaya air asin lain bakal berjaga-jaga untuk menyerbu tiba-tiba.

"Observasi ini menunjukkan, buaya termasuk pemangsa selektif. Cuma 20 atau lebih hewan, termasuk manusia, yang bisa mengoordinasikan aksi dengan cara yang mengagumkan sesuai keahlian individu," ungkap Dinets.

"Mereka mungkin spesies yang punya kecakapan berburu tertinggi setelah manusia," imbuh Dinets seperti dikutip situs Science Daily pada Rabu (15/10/2014).

Satu hal unik dalam riset ini adalah bahwa peneliti menggunakan Facebook. Sebabnya, pengamatan langsung perilaku buaya sangat berbahaya. Di samping itu, menjumpai buaya yang sedang memangsa cukup sulit dan makannya pun pada malam hari.

Dinets mengumpulkan dokumentasi dari para amatir dan ilmuwan. Ia juga menganalisis catatan harian para ilmuwan yang mengamati buaya. Total, ia melakukan 3.000 jam observasi.

Dari sejumlah data yang dikumpulkan, data pengamatan tertua berasal dari abad ke-19. Meski usia data beragam, hasil pengamatan konsisten menunjukkan bahwa buaya mempunyai kemampuan koordinasi dan kolaborasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+