Konfirmasi BMKG, Suhu Jakarta dan Bekasi Hampir Capai 40 Derajat Celsius

Kompas.com - 11/10/2014, 16:04 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Warga media Sabtu (11/10/2014) ramai membicarakan suhu udara di Jakarta dan Bekasi. Lewat status di Facebook dan kicauan di Twitter, pengguna melaporkan, suhu sangat panas, tak seperti biasanya, serta mencapai 40 derajat celsius.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), seperti dikonfirmasi oleh Kompas.com lewat telepon, menyatakan bahwa suhu udara di Jakarta dan Bekasi memang sangat panas dan hampir mencapai 40 derajat celsius.

"Di Bekasi yang terukur 38-39 derajat celsius," ungkap Dodo Gunawan, Kepala Pusat Iklim dan Kualitas Udara BMKG. Suhu tersebut didapat dari prakiraan di stasiun cuaca Halim yang mencakup wilayah Jakarta Timur dan Bekasi.

Suhu yang hampir mencapai 40 derajat celsius, seperti yang dikeluhkan pengguna media sosial, tidak hanya terjadi di Bekasi. Dodo mengatakan, di wilayah Jakarta, suhu juga mencapai kisaran tersebut. "Hampir merata," kata Dodo.

Suhu di Jakarta merupakan hasil prakiraan di stasiun pengukuran di wilayah Pondok Betung, Ciputat, untuk Jakarta Selatan dan sekitarnya; Cengkareng untuk wilayah Jakarta Barat dan sekitarnya; Kemayoran untuk Jakarta Pusat; serta Tanjung Priok untuk Jakarta.

"Ini termasuk tinggi," kata Dodo. Sebelumnya, suhu di wilayah Jabodetabek maksimal antara 35 dan 37 derajat celsius. "Jadi, berdasarkan data kami, memang ada tren kenaikan," ujarnya.

Apa alasannya? Dodo mengungkapkan penyebab alaminya bahwa Matahari kini memang sedang berada di sekitar ekuator. Namun, ia juga mengungkapkan sebab lain, yakni perubahan iklim dan pembangunan kota. Selengkapnya, simak artikel berikut ini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X