Kompas.com - 08/10/2014, 19:47 WIB
Observatorium Bosscha thearoengbinangproject.com Observatorium Bosscha
|
EditorPalupi Annisa Auliani
BANDUNG, KOMPAS.com — Langit Bandung dan sekitarnya, Rabu (8/10/2014) petang, digelayuti mendung. Kondisi cuaca itu dipastikan menyulitkan pengamatan langsung gerhana bulan total dari Observatorium Boscha di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Untuk melihat gerhana bulan total, Observatorium Boscha sebenarnya telah menyiapkan empat teleskop. "(Karena) mendung seperti ini, kami buka dua teleskop saja yang akan kami gunakan untuk publik," ujar peneliti Observatorium Boscha, Zainuddin Muhammad Arifin, Rabu.

Gerhana bulan total terjadi pada Rabu pukul 17.27 WIB hingga pukul 18.22 WIB. Posisi gerhana bulan total paling bagus untuk dilihat secara kasatmata pada titik 2,6 derajat atau jika diwaktukan tepat pada pukul 17.55 WIB. Dua teleskop yang dipasang di observatorium ini merupakan teleskop fotografi dan pengamatan biasa.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.