Kompas.com - 08/10/2014, 13:24 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Saat gerhana terjadi, Matahari, Bumi, dan Bulan terletak pada satu garis lurus. Posisi itu membuat Bumi menutupi cahaya Matahari yang seharusnya sampai ke Bulan.

Dengan posisi gerhana tersebut, dari sudut pandang manusia di Bumi, seharusnya Bulan tak akan tampak. Namun, ternyata saat totalitas gerhana terjadi, Bulan justru berwarna merah sehingga kerap disebut blood moon. Bagaimana bisa?

Astrofisikawan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, menerangkan bahwa warna merah darah Bulan disebabkan oleh pembiasan.

"Cahaya matahari yang mengenai bulan memang tertutup oleh Bumi, tetapi atmosfer Bumi masih membiaskan cahaya merah dari matahari itu sehingga bulan tidak gelap total," tulis Thomas di blognya pada Senin (6/10/2014).

Hal itu mudah dijelaskan bila manusia berdiri di Bulan. Manusia bakal melihat Bumi dikelilingi oleh cahaya merah yang dibiaskan atmosfernya.

Bulan yang menjadi merah darah bisa dilihat saat totalitas gerhana. Dalam gerhana kali ini, totalitas berlangsung dari pukul 17.24-18.24 WIB. Totalitas ini bisa dilihat dari seluruh wilayah Indonesia, kecuali Banda Aceh.

Saat totalitas, warga Indonesia tengah timur berpotensi melihat Uranus dengan mata telanjang, meski butuh kejelian untuk menemukannya.

Sementara warga Indonesia barat berpeluang untuk menyaksikan fenomena langka selenelion. Saat senja nanti, Bulan bakal terbit dengan warna merah darah di ufuk timur, sementara Matahari yang juga dengan warna kemerahan masih berada di ufuk barat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.