Kompas.com - 08/10/2014, 08:00 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Dua fenomena langit menarik berpeluang diamati dari wilayah Jakarta pada Rabu (8/10/2014) senja nanti. Keduanya adalah gerhana dan selenelion, saat Bulan dan Matahari terpisah 180 derajat.

Warga Jakarta berpeluang menyaksikan fenomena tersebut sekitar pukul 17.44-17.45 WIB. Sangat singkat. Bulan akan terbit pada pukul 17.43 WIB sementara Matahari bakal tenggelam pada pukul 17.46.

Secara visual, dalam fenomena langit nanti, warga Jakarta bisa melihat Bulan berwarna merah saat baru saja terbit di ufuk timur. Pada saat yang sama, warga Jakarta juga bisa Matahari dan senja dengan semburat merah di ufuk barat.

Agar gerhana dan selenelion bisa teramati secara optimal, pemilihan tempat yang baik diperlukan. Syarat utama tempat adalah memiliki medan pandang luas dan minim penghalang. Ini sulit dicari dengan kondisi Jakarta yang penuh gedung bertingkat.

Namun, kondisi itu bisa diakali dengan menggunakan gedung bertingkat sebagai "alat". Pengamatan bisa dilakukan di lantai teratas sebuah gedung bertingkat sehingga medan pandangnya lebih luas.

Bila bekerja di wilayah Sudirman, Thamrin, Rasuna Said, Gatot Subroto, dan Slipi, gedung perkantoran bisa dimanfaatkan sebagai tempat pengamatan. Jadi, begitu jam kerja selesai pukul 17.00 WIB, jangan buru-buru pulang dahulu.

Untuk mengamati fenomena nanti, modalnya hanya mata. Gerhana bulan dan selenelion bisa diamati dengan mata telanjang. Cukup memandang ke ufuk timur dan barat, maka fenomena langka itu akan terlihat.

Jangan lupa, siapkan kamera. Bila bisa membuat foto 360 derajat, keahlian itu bisa dimanfaatkan sehingga gambar yang dihasilkan bisa menunjukkan lebih jelas keistimewaan gerhana dan selenelion senja nanti. Selamat mengamati!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.