Kompas.com - 08/10/2014, 06:45 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com
 — Fenomena gerhana bulan total akan menyapa wilayah Indonesia pada Rabu (8/10/2014). Fenomena unik lain juga bisa dinikmati, seperti penampakan Uranus dan Selenelion saat matahari dan bulan terpisah 180 derajat.

Seluruh wilayah Indonesia bisa menyaksikan gerhana ini. Namun, mungkin ada yang bertanya-tanya, pukul berapa harus melihatnya? Tabel waktu penampakan gerhana yang disusun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberi informasi tersebut.

BMKG Waktu kejadian gerhana Bulan total 8 Oktober 2014


Berdasarkan informasi BMKG, gerhana akan berlangsung dari pukul 15.14 WIB hingga 20.35 WIB. Sementara itu, totalitas gerhana akan berlangsung selama 1 jam, mulai pukul 17.24 WIB hingga 18.24 WIB.

Bagi yang berada di Indonesia timur dan ingin menyaksikan semua fase gerhana, pengamatan bisa dimulai pada pukul 17.14 WIT. Jika hanya ingin melihat totalitasnya, pengamatan bisa dimulai pada pukul 19.24 WIT.

Sementara itu, bagi yang ada di Indonesia tengah, pengamatan semua fase gerhana bisa dimulai dari pukul 16.14 Wita. Pengamatan totalitas gerhana bisa dimulai pukul 18.24 Wita.

BMKG juga menyuguhkan peta keteramatan gerhana dari berbagai wilayah Indonesia. Hampir semua wilayah Indonesia, kecuali Banda Aceh, bisa melihat totalitas gerhana. Di Aceh, saat bulan terbit, totalitas gerhana sudah berakhir.

BMKG Peta keteramatan gerhana Bulan total 8 Oktobetr 2014 di Indonesia. U1 menunjukkan awal gerhana Bulan sebagian. U2 menunjukkan awal totalitas gerhana sementara U3 menunjukkan akhir totalitas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.