Kompas.com - 02/10/2014, 18:38 WIB
Gerhana Bulan WikipediaGerhana Bulan
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Fenomena langit menarik akan terjadi pada 8 Oktober 2014. Bulan yang berada pada fase gerhana akan didampingi oleh Planet Uranus.

Pemandangan yang akan tampak di langit nanti adalah Bulan yang berwarna merah dengan Uranus yang tampak dengan mata telanjang di sisinya.

Astronom amatir Ma'rufin Sudibyo mengatakan, tampaknya Uranus bersamaan gerhana adalah fenomena yang jarang terjadi.

"Mungkin menjadi momen sepanjang sejarah Uranus bisa terlihat dengan mata tanpa alat," katanya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (1/10/2014).

Ma'rufin mengungkapkan, fenomena gerhana yang akan terjadi nanti adalah gerhana Bulan total.

Gerhana bisa disaksikan di seluruh Indonesia. Waktu untuk menyaksikannya bisa berbeda tergantung wilayah.

Gerhana akan berlangsung pada pukul 15.14 - 20.35 WIB. Adapun totalitas akan berlangsung selama satu jam, mulai pukul 17.24 - 18.24 WIB.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Wilayah terbaik untuk menyaksikan gerhana adalah Indonesia bagian timur. Seluruh tahapan gerhana bisa diamati pada saat itu.

Di wilayah Indonesia bagian barat, seperti Jawa dan Sumatera, gerhana mulai bisa disaksikan menjelang totalitasnya.

Pengamatan di wilayah Indonesia barat bakal cukup menantang karena gerhana terjadi bersamaan dengan senja dan waktu terbitnya Bulan.

Sementara Bulan bakal tampak memerah, Uranus bakal tampak sebagai titik putih yang cukup redup. Magnitudo atau kecerlangannya hanya +5.

Untuk bisa mengamati Uranus, penentuan daerah pengamatan menjadi penting. Wilayah yang lapang dan gelap adalah pilihan utama. Namun, jangan harap bisa mengamatinya di kota.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.