Ilmuwan Brasil Sukses Menguping Percakapan Penyu

Kompas.com - 18/08/2014, 21:50 WIB
Rekaman pembicaraan penyu-penyu menunjukkan bahwa mereka rentan polusi suara. C. Ferrara/WCSRekaman pembicaraan penyu-penyu menunjukkan bahwa mereka rentan polusi suara.
EditorYunanto Wiji Utomo


KOMPAS.com
 — Para ilmuwan di Brasil mengklaim berhasil menguping percakapan yang dilakukan sejumlah penyu sungai.

Hasil rekaman mereka mengungkapkan bahwa penyu-penyu tersebut tampak mengobrol dan berkomunikasi satu sama lain ketika musim bersarang.

Mereka menggunakan setidaknya enam suara yang berbeda, demikian hasil penelitian tersebut.

Ini termasuk obrolan antara penyu betina dan anak-anaknya, seperti dilaporkan wartawan iptek BBC, Victoria Gill.

Para peneliti mengatakan, ini merupakan rekaman pertama terhadap penyu di pusat penangkaran.

Kesimpulan dari temuan ini juga menunjukkan bahwa penyu-penyu itu rentan terhadap efek polusi suara.

Hasil penelitian—yang telah dipublikasikan baru-baru ini di Journal Herpetologica—mengungkapkan pula bahwa ada pembicaraan yang aneh di antara mereka.


Kehidupan penyu lebih rumit

Yang tidak kalah penting, rekaman percakapan di antara para penyu ini mengungkapkan bahwa kehidupan sosial mereka lebih rumit ketimbang yang diperkirakan sebelumnya.

Tim peneliti, termasuk peneliti dari Wildlife Conservation Society (WCS) dan National Institute of Amazonian, menggelar studi ini di Rio Trombetas di Amazon antara 2009 dan 2011.

Mereka menggunakan mikrofon dan hidrofon bawah air untuk merekam lebih dari 250 suara penyu-penyu tersebut.

Para ilmuwan kemudian menganalisis suara-suara itu dan membaginya menjadi enam jenis, menghubungkan setiap kategori dengan perilaku tertentu.

Dr Camila Ferrara dari WCS Brazil mengatakan kepada BBC News, "Apa yang mereka percakapkan memang tidak jelas, tetapi kami pikir mereka bertukar informasi," katanya.

"Kami pikir suara-suara itu untuk membantu mereka memadukan kegiatan mereka pada musim bersarang," imbuhnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X