Makanan Sehat Pun Perlu Dibatasi

Kompas.com - 25/07/2014, 10:54 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com
— Makanan sehat adalah kunci untuk hidup sehat dan menurunkan berat badan. Satu poin penting dalam menerapkan pola makan sehat adalah menentukan porsi yang tepat. Dengan porsi berlebih, makanan sehat tak lagi membantu menurunkan berat badan. Berikut ini tipsnya:

1. Sereal siap santap
Sereal yang sehat tentu saja yang tak manis dan mengandung gandum utuh. Namun, mengonsumsi sereal gandum berlebihan bisa mendatangkan malapetaka. Malapetaka datang lebih besar ketika sereal yang dikonsumsi berlebihan berupa granola.

Dr Lisa Young yang menulis The Portion Teller Plan menyarankan kita untuk mengonsumsi lebih kurang 30 gram sereal untuk sarapan. Ia menyarankan juga untuk membaca label makanan dan menakar sereal sebelum kita menuangkannya ke dalam mangkuk.

2. Kacang-kacangan
Kacang adalah camilan sehat yang mengandung lemak sehat dan cepat membuat kita kenyang. Namun, kacang bisa membahayakan penurunan berat badan ketika dimakan berlebihan. Dr Young menyarankan camilan kacang sebanyak 30 gram saja, lebih kurang satu genggam tangan untuk menghindari makan berlebihan.

3. Minyak zaitun
Salad dengan minyak zaitun tentu saja sehat. Namun, minyak zaitun tetaplah mengandung paling tidak 100 kalori per satu sendok makan. Porsi minyak zaitun yang disarankan oleh Dr Young adalah satu sampai dua sendok makan untuk setiap salad yang disantap.

4. Jus jeruk segar
Minum jus jeruk yang dibuat dari jeruk segar pasti menyehatkan. Kita bisa memperoleh serat dan juga vitamin serta mineralnya langsung. Namun, kebanyakan mengonsumsi jus jeruk segar juga tak bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Ia menyarankan konsumsi jus jeruk segar ini hanya segelas sehari.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X