Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/07/2014, 14:10 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, belum lengkap rasanya menonton film di bioskop tanpa ngemil popcorn atau minum soda. Namun sebenarnya kebiasaan ngemil saat nonton bioskop bisa dihilangkan . Di samping nutrisinya yang tidak berimbang, camilan tersebut dimakan dalam kondisi tubuh yang sebenarnya tidak lapar.

Heather Fink, pakar diet ternama dari Indiana University Health Sport Perfomance mengatakan, sudah menjadi kebiasaan saat menonton bioskop, televisi, atau pertunjukan apa pun yang melibatkan skenario, orang melakukannya sambil makan. Padahal hal itu sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

"Terutama bila orang itu tidak lapar, mereka tidak memiliki alasan yang jelas kenapa mereka harus makan selagi menonton," ucapnya.

Khususnya saat menonton bioskop, popcorn merupakan camilan yang sangat digemari. Rasa dan tekstur popcorn pun tidak lagi menjadi perhatian. Bahkan sebuah studi pernah mengungkap, orang bisa makan baik popcorn yang sudah berusia 14 hari dengan popcorn baru dalam jumlah yang sama ketika mereka sedang berada di bioskop.

Tak hanya itu, studi yang diketuai oleh Dr Brian Wansink, penulis buku Mindless Eating: Why We Eat More Than We Think tersebut juga menemukan, orang juga secara signifikan bisa makan lebih banyak popcorn bila mereka memegang wadah yang lebih besar.

Berbeda halnya bila kita sedang lapar saat akan nonton. Menurut Fink, makan tetap perlu dilakukan bila lapar, meskipun ia menyarankan untuk memilih jenis camilan yang lebih sehat, seperti buah, yogurt, atau kacang-kacangan.

Bila Anda tidak bisa melepaskan kebiasaan makan popcorn atau soda saat menonton film di bioskop, hal yang dapat dilakukan adalah tidak memakan seluruh makanan yang ada. Membagikan dengan teman-teman menonton adalah pilihan yang baik.

"Dengan begitu Anda tetap bisa menikmati popcorn meski dengan jumlah yang tidak banyak," sarannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com