Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beredar, Video Harrison Ford Marah-marah kepada Menteri Kehutanan

Kompas.com - 23/06/2014, 16:17 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com — Isu ketegangan antara Harrison Ford dan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan sempat ramai tahun 2013 lalu. Saat itu, disebut bahwa sempat terjadi ketegangan antara Ford dan Zulkifli sehingga memicu Ford naik ke meja menteri.

Meski kemudian dikonfirmasi bahwa Ford naik ke meja menteri bukan saat pertemuan, ketegangan antara Zulkifli dan Ford memang terjadi. Video Youtube yang diunggah sekitar dua minggu lalu mengungkapnya.

Video dibuka dengan pemandangan hutan Taman Nasional Tesso Nilo, Riau, yang dilihat oleh Ford dari dalam helikopternya. Ford tampak tercengang dan kesal melihat banyak hutan yang rusak. Ia berseru, "Saya tak sabar untuk menemui Menteri Kehutanan!"

Saat akhirnya bertemu Zulkifli, Ford mengajukan beberapa pertanyaan. Ia memulai dengan fakta bahwa 80 persen hutan rusak dalam 15 tahun terakhir karena eksploitasi serta anggapan bahwa rusaknya hutan terjadi karena keterkaitan erat bisnis dan politik.

Mengomentari pernyataan Ford, Zulkifli lebih banyak memberikan tanggapan terkait perkembangan Indonesia. "Itu mungkin saja benar. Tapi Anda tahu kita baru berdemokrasi tetapi kita yakin kita akan mencapai titik seimbang dalam jangka panjang."

Ketegangan dimulai ketika Ford mengatakan bahwa dirinya bersama kru telah berkunjung ke Tesso Nilo. Zulkifli meresponsnya dengan gembira dan tertawa. Namun, Ford menanggapi sinis. "Itu tidak lucu," kata Ford.

Ford menceritakan pengalamannya. "Hanya 18 persen hutan yang masih tersisa. Kami melihatnya, hutan yang terbakar, jalur ilegal logging, pohon yang tumbang, sungguh menghancurkan serta menyayat hati," urai Ford.

Zulkifli merespons, pada awal berkunjung dirinya juga kaget. Namun, pihaknya terus berusaha mengatasi. Ford mengatakan lagi bahwa sebenarnya perusakan telah terjadi beberapa lama dan sebenarnya ada waktu untuk mengatasinya, bukan membiarkannya.

Menteri membahas lagi tentang demokrasi, mengatakan bahwa sekarang sedang terjadi surplus demokrasi, bahwa orang bebas berbuat. Zulkifli menegaskan lagi bahwa pihaknya berusaha terus mengatasi masalah hutan.

Emosi Ford kemudian tampak memuncak. "Oke, jadi Anda siap-siap kalah dalam pertarungan?" cetusnya. Zulkifli menjawab singkat, "Ya." Ford kemudian masih meneruskan kemarahannya sebelum akhirnya membereskan berkasnya dan pergi.

Video Youtube yang mengungkap ketegangan Ford dan Zulkifli itu diunggah oleh akun dengan nickname "notfoundher". Video tersebut merupakan satu-satunya video yang diunggah oleh pemilik akun tersebut.

Ford berkunjung ke Indonesia tahun 2013 lalu untuk keperluan pembuatan film dokumenter Years of Living Dangerously. Selain ke Tesso Nilo, Ford juga berkunjung ke Pusat Rehabilitasi dan Reintroduksi Orangutan di Nyaru Menteng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com