Lukisan Kuno Tak Kasatmata Ditemukan di Dinding Angkor Wat

Kompas.com - 28/05/2014, 18:08 WIB
Salah satu lukisan yang ditemukan pada dinding Angkor Wat. Lukisan diduga dibuat pada tahun 1500-an. Noel Hidalgo Tan/AntiquitySalah satu lukisan yang ditemukan pada dinding Angkor Wat. Lukisan diduga dibuat pada tahun 1500-an.
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Peneliti seni batu menemukan 200 lukisan yang tersembunyi di dinding Angkor Wat, kuil Buddha di Kamboja. Salah satu lukisan yang ditemukan ialah lukisan Hanoman.

Temuan itu mengejutkan karena dinding tempat lukisan yang diungkap keberadaannya sebenarnya dilewati ribuan orang yang berwisata setiap harinya.

Lukisan-lukisan yang ditemukan tak kasatmata, diungkap dengan bantuan teknik pengolahan citra secara digital.

Noel Hidalgo Tan, peneliti dari Australia National University di Canberra, adalah orang yang mengungkap keberadaan lukisan tersembunyi itu.

Ia pertama kali menyadari adanya tanda lukisan, berupa pigmen merah, saat melakukan ekskavasi di Angkor Wat pada tahun 2010 lalu.

Di sela makan siangnya saat melakukan riset, ia terus mengikuti arah pigmen merah di dinding kuil dan memotret beberapa sisi dinding di mana pigmen tanda lukisan berada.

Foto-foto hasil jepretan kemudian diolah dengan teknik bernama decorrelation strecth analysis.

Teknik itu mampu mengungkap perbedaan warna yang sangat samar dan juga dipakai NASA untuk mengolah citra Mars mereka.

Diberitakan Livescience, Rabu (28/5/2014), dengan teknik tersebut, Tan berhasil mengungkap adanya beragam lukisan di dinding kuil yang usianya 300 tahun lebih muda dari Borobudur itu.

Selain lukisan Hanoman, ada pula lukisan instrumen musik tradisional Khmer, pinpeat, serta lukisan para dewa, kapal, dan gajah.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X