Kompas.com - 19/05/2014, 05:26 WIB
EditorPalupi Annisa Auliani
BATURAJA, KOMPAS.com -- Tim peneliti Arkeologi Nasional menemukan artefak yang diperkirakan berasal dari periode preniolitik yang hidup sekitar 14.000 sampai 16.000 tahun silam.

Penemuan artefak tersebut sangat memotivasi tim arkeolog untuk terus melakukan penggalian. Obsesi para peneliti untuk mengungkap masa kekosongan sejarah di Sumatera pada periode tersebut sudah di depan mata.

“Ini penemuan yang spektakuler sekali di kalangan arkeolog, sebab kami bisa buktikan bahwa pada periode tersebut Sumatera sudah ada penghuni,” terang Ketua Tim Penelitian Gua Harimau OKU, Adhi Agus Oktaviana, Minggu (18/5/2014).

Meskipun belum ada sisa kerangka manusia ditemukan, imbuh Adhi, penemuan artefak dari periode preniolitik tersebut menjadi bukti baru atas keyakinan para arkeolog bahwa Sumatera tidak mengalami kekosongan sejarah pada periode itu.

Karenanya, kata Adhi, arkeolog akan melakukan ekskavasi vertikal di sisi barat gua. Diperkirakan, di Gua Harimau tersebut akan ditemukan kerangka manusia yang setidaknya berasal dari era 60.000 tahun lalu.

Ketua Tim Arkenas di Gua Harimau ini menyebutkan, tim telah menemukan obsidian, serpih rijal, dan serpih-serpih lainnya. Selain itu, ditemukan juga tulang hewan mamalia besar seperti beruang dan binatang mamalia kecil.

Adhi menambahkan, artefak dan penemuan lainnya didapat dari titik penggalian vertikal sebelah barat gua dengan kedalaman sekitar 2,5 meter dari titik bantu.

Sementara itu, tim dari Arkeolog Nasional yang meneliti Gua Harimau di Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), tahun 2014 ini datang dengan jumlah yang lebih lengkap. Mereka sudah berada di lokasi ini sejak 13 Mei 2014.

(Sugiyarto/Sriwijaya Post)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.