Kompas.com - 12/05/2014, 19:07 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Spesies baru tawon ditemukan di Thailand. Uniknya, nama ilmiah tawon itu diambil dari karakter dalam serial Harry Potter, Dementor.

Dalam publikasi di jurnal PLOS ONE, 22 April 2014, ilmuwan menyatakan bahwa nama itu diambil karena karakter tawon Ampulex dementor yang benar-benar menyerupai Dementor.

Tawon tersebut mampu mengubah kecoa mangsanya menjadi serupa zombie dengan sengatannya, seperti Dementor merenggut jiwa dengan ciumannya yang mematikan.

Sebelum memberi nama pada tawon itu, ilmuwan meminta masukan dari publik tentang nama yang tepat.

Salah satu nama lain yang diajukan adalah A mon, diambil dari etnis yang mendiami wilayah tempat tawon itu ditemukan.

Dua lainnya adalah A bicolor, diambil dari karakter tawon yang didominasi dua warna, yaitu hitam dan oranye, serta A plagiator karena perilaku tawon yang menyerupai semut.

A dementor adalah satu dari 200 spesies tawon yang meletakkan telur pada inang atau hewan lain. A dementor menggunakan kecoa.

Diberitakan Nature World News, Kamis (8/5/2014), saat hendak bertelur, betina tawon jenis itu menyengat kecoa tepat pada kepalanya. Toksin saraf membuat kecoa tak sadar.

Tawon kemudian meletakkan telur di dalam tubuh kecoa. Ketika telur menetas, bayi-bayi tawon itu lalu mengonsumsi kecoa sebagai makanan.

Tawon ini dideskripsikan oleh Stefanie Krause dari Natural History Museum di Jerman dan rekannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.