Kompas.com - 29/04/2014, 09:52 WIB
Ilustrasi: Gerhana Matahari sebagian. F. EspenakIlustrasi: Gerhana Matahari sebagian.
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Fenomena gerhana selalu tampak berbeda bila disaksikan dari tempat yang berbeda pula. Demikian juga dengan gerhana matahari yang terjadi pada Selasa (29/4/2014) siang.

Di wilayah utara Antartika, gerhana akan tampak sebagai gerhana matahari cincin. Sementara, di Indonesia, gerhana akan tampak sebagai gerhana matahari sebagian.

Meski sama-sama akan mengalami gerhana matahari sebagian, wajah matahari yang disaksikan oleh warga dari daerah yang berbeda di Indonesia tetap tak sama.

Perbedaannya adalah pada besarnya piringan matahari yang tertutup bulan. Di satu daerah, piringan matahari yang "digigit" bulan bisa lebih besar daripada daerah lain.

Berdasarkan simulasi astronom amatir, Ma'rufin Sudibyo, wilayah yang akan mengalami gerhana dengan magnitudo paling besar adalah Nusa Tenggara Timur.

Dari Kupang, piringan matahari akan terpotong sebanyak 6,1 persen. Wajah matahari saat gerhana kira-kira seperti di bawah ini.

Ma'rufin Sudibyo Wajah matahari saat gerhana pada Selasa (29/4/2014) ini.

Sementara, di Denpasar, piringan matahari yang terpotong lebih kecil, yakni 3,3 persen. Matahari akan tampak seperti ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ma'rufin Sudibyo Wajah gerhana matahari pada Selasa (29/4/2014) dilihat dari Denpasar.

Di Jawa, magnitudo gerhana paling rendah. Di Malang misalnya, hanya 0,9 persen piringan matahari yang terpotong. Berikut perkiraan kenampakan matahari dari Malang.

Ma'rufin Sudibyo Ilustrasi wajah matahari saat gerhana pada Selasa (29/4/2014) dilihat dari Malang.

Kecilnya magnitudo gerhana di wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara membuat gerhana hari ini sulit untuk diamati.

Bagaimana harus mengamatinya? Informasinya bisa ditemukan dalam artikel berikut. Artikel lain menguraikan waktu paling tepat untuk mengamati dan tempat terbaiknya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.