Klub Komputer Temukan Karya Digital "Bapak Art Pop" dari Disket Bertahun 1985

Kompas.com - 26/04/2014, 03:32 WIB
Seorang perempuan berdiri di depan lukisan AFP PHOTO / ALBERTO PIZZOLI Seorang perempuan berdiri di depan lukisan "Last Supper" versi karya seniman Amerika Serikat, Andy Warhol, dalam pameran "Warhol" di Roma, Italia, Kamis (17/4/2014). Karya-karya Warhol akan ditempatkan di ruang renovasi Museo della Fondazione Roma, Palazzo Cipolla, mulai 18 April hingga 28 September 2014. Pameran menampilkan lebih dari 150 karya berupa lukisan, foto, dan patung-patung Warhol yang dikoleksi temannya, Peter Brant. Karya-karya yang dipamerkan berupa gambar awal Warhol sampai seri Perjamuan Terakhir yang pertama kali dipamerkan di Milan pada 1987, pameran terakhir sebelum Warhol meninggal pada tahun yang sama.
|
EditorPalupi Annisa Auliani

NEW YORK, KOMPAS.com - Lusinan seni digital mendiang Andy Warhol ditemukan oleh klub komputer Carnegie Mellon University di Pittsburgh, Amerika Serikat. Karya-karya artis pop tersebut didapat dari disket lawas bertahun 1985.

Disket tersebut tersimpan dalam arsip Museum Andy Warhol. Di antara gambar-gambar dalam disket tersebut, terdapat foto diri Warhol dan beberapa karya terkenal seniman yang meninggal pada 1987 dalam usia 58 tahun tersebut.

File-file Warhol tersebut disimpan dalam format tak dikenal. Anggota klub komputer tersebut harus membongkar format tersebut untuk memunculkan 28 gambar digital yang sebelumnya tak pernah muncul ke publik.

Setidaknya, 11 gambar menerakan tanda tangan Warhol dan dikenali memiliki gaya seniman tersebut oleh para ahli dari Museum Andy Warhol. "(Gambar) yang lain rusak atau sebagian rusak, tetapi tetap terlihat dengan tanda tangannya," kata profesor seni di Carnegie Mellon, Golan Levin, seperti dikutip dari AFP, Jumat (25/4/2014).

Dalam disket itu ditemukan pula gambar-gambar yang termasuk karya Warhol paling terkenal seperti kaleng sup Campbell, Venus Botticelly, dan simbol seks Hollywood Marilyn Monroe.

Levin menambahkan, ditemukan pula dua gambar bergaya Warhol tetapi tanpa tanda tangan, dan beberapa karya dari seniman yang tak diketahui identitasnya. Disket tersebut dibuka setelah artis dari New York, Cory Arcangel, mempelajari percobaan penggunaan floppy disk Warhol dari Youtube.

Berdasarkan firasat, Arcangel mendekati Museum Andy Warhol dan Carnegie Mellon pada 2011. Sebelumnya Carnegie Mellon menyatakan klub komputer kampus itu punya kemampuan memunculkan kembali data dari komputer lawas.

"Hal paling menakjubkan dari penemuan gambar-gambar ini adalah kita dapat melihat seberapa cepat intuisi Warhol atas esensi untuk mengekspresikan diri dalam media baru yang kemudian dikenal sebagai format digital," kata Arcangel.

Terkenal selama 15 menit

Warhol merupakan salah satu seniman Amerika abad ke-20 yang paling berpengaruh. Salah satu sebutan penghormatan untuknya adalah "bapak art pop".

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X