Seorang Penerjun Norwegia Mengaku Hampir Disambar Meteoroid

Kompas.com - 07/04/2014, 21:37 WIB
Video rekaman proses terjun Anders Helstrup, seorang skydiver asal Norwegia, mengungkap bahwa ia hampir disambar asteroid saat terjun. YoutubeVideo rekaman proses terjun Anders Helstrup, seorang skydiver asal Norwegia, mengungkap bahwa ia hampir disambar asteroid saat terjun.
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Seorang penerjun asal Norwegia beruntung. Ia mengaku hampir disambar meteoroid, tetapi berhasil selamat mendarat.

Meteoroid adalah benda angkasa serupa asteroid, tetapi berukuran lebih kecil. Saat sudah jatuh ke Bumi, meteoroid disebut asteroid.

Anders Helstrup, sang skydiver, terjun pada musim panas 2012. Ia terjun dari pesawat (tak diungkap ketinggiannya), dan membuka parasutnya pada ketinggian tertentu.

Helstrup mengenakan helm pelindung yang dilengkapi dengan kamera sehingga apa yang terjadi padanya bisa terekam.

Diberitakan Time.com, Jumat (4/4/2014), saat terbang dan membuka parasutnya, ia merasakan ada sesuatu yang melintas.

"Saya merasa ada sesuatu yang melintas. Namun, saya tak mengetahui apa yang sebenarnya terjadi," katanya.

Ia baru menyadari apa yang terjadi ketika melihat video hasil rekaman kamera di helmnya. ia melihat ada batu yang meluncur ke arahnya.

Helstrup kemudian mengontak Natural History Museum di Oslo untuk mengetahui jenis obyek yang melintas. Helstrup menduga, obyek itu meteoroid.

Hans Amundsen, seorang geolog Norwegia, mengonfirmasi bahwa obyek itu memang batu angkasa. "Ini tak mungkin benda lain," katanya.

Menurut Helstrup, bentuk obyek itu benar-benar seperti meteoroid. begitu juga kenampakannya, satu sisi menunjukkan bekas pecahan, sisi lainnya halus dan membulat.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X