Gempa di Cile, Tsunami Berpotensi Mencapai Jayapura, Bagaimana Bisa?

Kompas.com - 02/04/2014, 12:45 WIB
Waktu perjalanan tsunami Cile yang dikeluarkan National Atmospheric and Oceanic Administration. NOAAWaktu perjalanan tsunami Cile yang dikeluarkan National Atmospheric and Oceanic Administration.
|
EditorYunanto Wiji Utomo
KOMPAS.com — Gempa bermagnitud 8,2 mengguncang Cile pada Rabu (2/3/2014) pukul 06.46 WIB. Menurut United States Geological Survey (USGS), pusat gempa berada pada kedalaman 20,1 km, hanya 95 km dari Iquique, Cile.

Diberitakan Kompas.com sebelumnya, gempa bisa memicu tsunami dengan ketinggian gelombang antara 2-4 meter. Analisis sementara menunjukkan, gelombang tsunami yang merambat bisa mencapai Jayapura dalam waktu sekitar 22 jam sejak gempa terjadi.

Jarak pusat gempa Cile hari ini dengan Jayapura mencapai lebih dari 16.000 km. Bagaimana bisa gelombang tsunami mencapai jarak yang begitu jauh? Lalu, seberapa parah tsunami yang mungkin bisa terjadi di Jayapura?

Pakar kegempaan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Widjo Kongko, mengungkapkan bahwa jauhnya jangkauan gelombang tsunami terkait dengan sifat gelombang tsunami itu sendiri.

"Gelombang tsunami itu panjang," katanya saat dihubungi Kompas.com, hari ini. Dengan panjang gelombang yang besar, gelombang tsunami irit energi sehingga bisa merambat hingga jarak yang begitu jauh.

Dalam sejarah, terdapat beberapa gempa yang memicu tsunami dalam rentang wilayah yang luas, di antaranya gempa Cile pada tahun 1960, gempa Aceh pada tahun 2004, serta gempa Jepang pada tahun 2011.

"Gempa Cile tahun 1960, tsunaminya bisa mencapai Jepang. Ini trans-oceanic," kata Widjo. Tsunami mencapai Jepang 22 jam setelah kejadian gempa. Warga Jepang tak tahu apa sebab tsunami.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tsunami seperti yang terjadi di Jepang saat itu sering disebut orphan tsunami. Artinya, tsunami terjadi, tetapi gempa yang memicunya tak diketahui atau tak dirasakan langsung oleh warga yang terdampak.

Gempa Aceh tahun 2004 sendiri memicu tsunami hingga wilayah India dan Afrika yang berjarak ribuan kilometer. Tsunami Jepang gelombangnya mencapai Filipina, perairan Sulawesi, dan Papua.

Gempa di Cile hari ini mengingatkan bahwa gempa laut yang dangkal bisa memicu kejadian tsunami hingga jarak yang jauh. Tsunami di Indoensia tak cuma bisa dipicu oleh gempa di negerinya sendiri, tetapi juga wilayah lain seperti Jepang dan Filipina yang juga rawan gempa.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.