Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa di Cile, Tsunami Berpotensi Mencapai Jayapura, Bagaimana Bisa?

Kompas.com - 02/04/2014, 12:45 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com — Gempa bermagnitud 8,2 mengguncang Cile pada Rabu (2/3/2014) pukul 06.46 WIB. Menurut United States Geological Survey (USGS), pusat gempa berada pada kedalaman 20,1 km, hanya 95 km dari Iquique, Cile.

Diberitakan Kompas.com sebelumnya, gempa bisa memicu tsunami dengan ketinggian gelombang antara 2-4 meter. Analisis sementara menunjukkan, gelombang tsunami yang merambat bisa mencapai Jayapura dalam waktu sekitar 22 jam sejak gempa terjadi.

Jarak pusat gempa Cile hari ini dengan Jayapura mencapai lebih dari 16.000 km. Bagaimana bisa gelombang tsunami mencapai jarak yang begitu jauh? Lalu, seberapa parah tsunami yang mungkin bisa terjadi di Jayapura?

Pakar kegempaan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Widjo Kongko, mengungkapkan bahwa jauhnya jangkauan gelombang tsunami terkait dengan sifat gelombang tsunami itu sendiri.

"Gelombang tsunami itu panjang," katanya saat dihubungi Kompas.com, hari ini. Dengan panjang gelombang yang besar, gelombang tsunami irit energi sehingga bisa merambat hingga jarak yang begitu jauh.

Dalam sejarah, terdapat beberapa gempa yang memicu tsunami dalam rentang wilayah yang luas, di antaranya gempa Cile pada tahun 1960, gempa Aceh pada tahun 2004, serta gempa Jepang pada tahun 2011.

"Gempa Cile tahun 1960, tsunaminya bisa mencapai Jepang. Ini trans-oceanic," kata Widjo. Tsunami mencapai Jepang 22 jam setelah kejadian gempa. Warga Jepang tak tahu apa sebab tsunami.

Tsunami seperti yang terjadi di Jepang saat itu sering disebut orphan tsunami. Artinya, tsunami terjadi, tetapi gempa yang memicunya tak diketahui atau tak dirasakan langsung oleh warga yang terdampak.

Gempa Aceh tahun 2004 sendiri memicu tsunami hingga wilayah India dan Afrika yang berjarak ribuan kilometer. Tsunami Jepang gelombangnya mencapai Filipina, perairan Sulawesi, dan Papua.

Gempa di Cile hari ini mengingatkan bahwa gempa laut yang dangkal bisa memicu kejadian tsunami hingga jarak yang jauh. Tsunami di Indoensia tak cuma bisa dipicu oleh gempa di negerinya sendiri, tetapi juga wilayah lain seperti Jepang dan Filipina yang juga rawan gempa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com