Kompas.com - 25/03/2014, 22:31 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Bimasakti tampak bagai selendang berwarna, begitulah beberapa orang sering mengatakan. Namun, dalam panorama 360 derajat baru yang dihasilkan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Bimasakti tampak berbeda, jauh lebih detail.

Panorama 360 derajat Bimasakti tersebut dihasilkan lewat observasi selama 172 hari dengan teleskop Spitzer. Misi mencitrakan Bimasakti itu sendiri disebut Galactic Legacy Mid-Plane Survey Extraordinaire (GLIMPSE 360), berjalan selama 10 tahun.

NASA meluncurkan panorama 360 galaksi berbentuk spiral dan rumah besar manusia itu pada Kamis (20/3/2014) lalu. Tak seperti citra galaksi umumnya, panorama Bimasakti ini interaktif. Untuk menghasilkan panorama tersebut, NASA merangkai 2,5 juta foto hasil jepretan Spitzer.

"Jika kita mencetaknya, kita membutuhkan billboard sebesar Rose Bowl Stadium (memiliki luas sekitar 4 hektar) untuk memajangnya," kata Robert Hurt, spesialis pengolahan citra di Spitzer Space Science Center.

"Dengan citra sebesar itu, mudah dimengerti bahwa satu poster full-resolution memiliki kapasitas 30 MB sementara data kasarnya lebih besar, mencapai 8 file dengan kapasitas 6,4 GB," imbuhnya seperti dikutip IB Times, Sabtu (22/3/2014).

NASA menawarkan dua browser untuk menjelajahi Bimasakti. Browser pertama, Microsoft’s WorldWide Telescope, memetakan Bimasakti kala malam. Sementara itu, CDS Aladin Lite Viewer memungkinkan siapa pun menjelajahi tempat-tempat menarik di Bimasakti.

Spitzer mengobservasi Bimasakti dengan inframerah. Inframerah mampu menembus debu di antariksa sehingga bisa memberi gambaran baru tentang bentuk Bimasakti secara keseluruhan dan ujungnya. Panorama 360 Bimasakti bisa dilihat di tautan ini.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.