Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senja di Planet Mars, Inilah Wujudnya

Kompas.com - 03/03/2014, 06:36 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com — Seperti apa penampakan senja di Planet Mars? Apakah merah jingga seperti di Bumi? Picture of the Day dari Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) pada Minggu (2/3/2014) mengungkapnya.

Debu dan atmosfer tipis memang membuat Mars memiliki langit yang berwarna merah. Namun, debu juga menghamburkan cahaya yang dipancarkan Matahari sehingga senja di planet merah itu punya warna biru. Karena jarak, senja di Mars tak begitu terang, dan Matahari pun tampak lebih kecil.

Citra senja di Mars diperoleh dari hasil olahan foto yang ditangkap oleh kendaraan antariksa Spirit. Kendaraan tersebut berada di Mars sejak 2005. Citra memang sedikit dilebihkan, tetapi tak jauh berbeda jika secara asli disaksikan manusia.

Spirit memotret pemandangan senja di Mars itu pada 489 hari Mars (sol) ketika ia beroperasi. Satu sol sama dengan 1,026491 hari Bumi. Menurut NASA, Spirit memotret senja itu pada pukul 18.07 waktu Mars.

Selain di Mars, senja berwarna biru juga terdapat di Planet Osiris atau HD 209458 b, sebuah planet ekstra-surya yang berjarak 150 tahun cahaya dari Bumi, dan mengobrit bintang HD 209458. Senja biru di planet itu diketahui lewat hasil pengamatan teleskop Hubble.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com