Kompas.com - 26/02/2014, 07:07 WIB
Pemanasan global GreenpacksPemanasan global
|
EditorPalupi Annisa Auliani
BENGKULU, KOMPAS.com — Negara berkembang terus mendesak negara maju bersedia mengurangi emisi gas karbon minimal 40 persen dari kondisi sekarang. Bukan negosiasi yang mudah, karena negara maju pun punya jawaban atas desakan itu.

"(Pada) Maret 2014 akan ada pertemuan kecil sebelum pertemuan di Peru, membahas protokol akan dibawa ke mana. Nah, misi kami jelas, melakukan negosiasi agar negara-negara maju seperti Amerika dapat memangkas laju emisi mereka minimal 40 persen," kata Koordinator Divisi Administrasi Umum, Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI), Murni Titi Resdiana, di Bengkulu, Selasa (25/2/2014).

Murni mengatakan, saat ini Indonesia sudah memperlihatkan kemajuan dan iktikad baik dalam mengurangi emisi gas hingga 26 persen. Meski masalah pekatnya emisi gas ini sebagian besar adalah tanggung jawab negara maju, ujar dia, upaya di dalam negeri Indonesia juga tetap diperlukan.

"Ini pendekatan yang kami lakukan, kami tetap melakukan sesuatu, bukan marah-marah pada negara-negara maju," tegas Murni. Target yang diinginkan negara berkembang, imbuh dia, pada 2020 negara-negara maju dapat menekan emisi gas mereka antara 40 sampai 80 persen dari kondisi sekarang.

Murni mengatakan, negara berkembang mempunyai kelemahan dalam negosiasi dengan negara maju. Ketika negara maju didesak soal emisi gas ini, mereka justru balik mempertanyakan kondisi China yang masuk kategori negara berkembang dengan tingkat emisi karbon tinggi.

Namun, kata Murni, negara maju tak cukup mengelak dengan jawaban balik itu. Sebab, ujar Murni, negara maju sudah menyumbang emisi karbon sejak revolusi industri dimulai pada awal era 1900-an. Emisi gas karbon merupakan salah satu penyebab pemanasan global dan perubahan iklim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.