Kompas.com - 24/02/2014, 20:25 WIB
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Dua spesies baru laba-laba jenis goblin (Oonopidae) telah ditemukan oleh sejumlah ilmuwan dari museum Queensland, Australia, di kawasan pedesaan Darling Downs.

Jenis laba-laba goblin "jellybean" ditemukan di kota Dalby, sementara laba-laba jenis swift bernama reddish brown Leichhardt ditemukan saat tim ilmuwan tersebut menjelajah sebuah hutan hujan di pegunungan Bunya tahun lalu.

Menurut museum ini, nama genus Leichhardteus untuk menghormati ilmuwan dan penjelajah asal Jerman, Ludwig Leichhardt, yang tiba di Australia pada tahun 1842 untuk mempelajari makhluk hidup.

Sedangkan "reddish brown", yang berarti "coklat kemerahan" adalah untuk menghormati mantan senator Partai Hijau Bob Brown yang menyelamatkan daerah-daerah hutan hujan.

Laba-laba goblin "jellybean" panjangnya hanyalah 1 milimeter. Tubuhnya memiliki cangkang yang melindungi.

"(Cangkang itu) membantu melindungi mereka agar tidak kekeringan, karena mereka amat kecil, hingga amat sensitif terhadap kelembaban, maka mereka memiliki cangkang kecil ini," jelas Dr Barbara Baher, salah satu anggota tim ilmuwan.

"Jellybean" adalah semacam permen yang biasanya berwarna cerah dan agak bening. Tubuh laba-laba goblin yang baru ditemukan menyerupai permen.

Menurut dia, temuan-temuan ini penting. "Penting mengetahui spesies yang ada di sekeliling kita. Kalau kita tak kenal mereka, kita tak bisa melindungi mereka, dan mereka akan hilang sebelum kita mengenal mereka," tambahnya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.