Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fragmen Tertua di Bumi Ditemukan, Berusia Hampir 4,4 Miliar Tahun

Kompas.com - 24/02/2014, 19:33 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com — Fragmen kristal zircon yang ditemukan di Jack Hills, Australia, 15 tahun lalu dikonfirmasi sebagai fragmen tertua di Bumi.

Fragmen tersebut mampu memberi petunjuk munculnya kerak Bumi, kapan Bumi mulai mendukung kehidupan, serta kapan kehidupan benar-benar muncul.

Mempelajari fragmen itu, John Valley dari Universoty of Wisconsin Madison, mengungkapkan bahwa fragmen itu berasal dari masa 4,374 miliar tahun lalu.

Usia fragmen itu ditentukan dengan metode canggih yang disebut atom probe tomography. Umur ditentukan berdasarkan massa atom timah penyusunnya.

Fragmen ini memberi petunjuk bahwa fase di mana Bumi berwujud bola dengan lautan magma lebih pendek dari yang diduga.

Sebelumnya diduga bahwa untuk berubah dari bola yang ditutupi lautan magma menjadi ditutupi lautan air, Bumi butuh 600 juta tahun.

Dengan temuan ini, diketahui bahwa fragmen itu dan kerak Bumi sudah ada sejak 4,374 miliar tahun lalu, 160 juta tahun setelah Bumi dan planet lain di Tata Surya terbentuk.

Riset ini mendukung pandangan "cool early Earth", yakni temperatur yang cukup rendah membantu munculnya air cair dan hidrosfer pada masa Hadean.

"Studi mendukung kesimpulan kami bahwa Bumi memiliki hidrosfer sejak sebelum 4,3 miliar tahun lalu," ungkap Valley seperti dikutip AFP, Senin (24/2/2014).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com