Kompas.com - 23/02/2014, 20:10 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Bagi banyak spesies mamalia, seks bukan sekadar kegiatan reproduksi, melainkan juga rekreasi, sarana untuk membangun ikatan, meredakan stres, dan lainnya.

Namun, bagi antechinus berekor hitam, sejenis hewan berkantong (masurpial) yang menyerupai tikus, seks bisa menyebabkan kematian.

Saat masa reproduksinya, pejantan spesies itu melakukan seks dengan betina dengan frekuensi yang tak lazim, sangat sering.

Spesies ini dalam waktu yang singkat ingin memastikan bahwa gennya akan terlestarikan lewat reproduksi. Dampaknya mematikan.

"Selama musim kawin, hormon stres naik tajam, sering menyebabkan tubuh shut down. Semua pejantan mati sebelum anak-anaknya lahir," kata Andrew Baker dari Queensland University of Technology (QUT).

Antechinus berekor hitam memiliki nama ilmiah Anthechinus arktos. Publikasi deskripsinya sebagai spesies baru dimuat dalam jurnal Zootaxa.

Baker, seperti diuraikan dalam rilis di situs web QUT, mengungkapkan bahwa spesies ini berbeda dengan antechinus lain karena punya corak kuning pada mata dan pantat serta ekor dan kaki hitam.

Baker mengoleksi spesies ini dengan metode jebak, yaitu menggunakan oat dan selai kacang untuk umpan. Hewan yang terjebak kemudian diobservasi untuk menentukan kebaruan dari cirinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.