Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Halaman Sekolah, Seorang Guru Temukan Fosil Paus Jenis Baru

Kompas.com - 10/02/2014, 19:40 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com - Seorang guru di California menemukan fosil paus jenis baru saat berjalan dari aula sekolah menuju ruangannya.

Martin Byhower, guru IPA tingkat Sekolah Menengah Pertama tersebut, awalnya melihat batu yang menurutnya cukup aneh sebelum akhirnya mengetahui bahwa batu itu memiliki kandungan fosil.

Byhower lalu menghubungi Howel Thomas dari Natural History Museum di Los Angeles untuk menganalisis fosil tersebut.

Berdasarkan analisis Thomas, fosil yang ditemukan adalah milik golongan paus sperma berusia 12 - 15 juta tahun yang benar-benar baru dalam ilmu pengetahuan.

"Dari analisis awal, fosil tampaknya merupakan spesies baru, dan mungkin genus baru," ungkap Thomas seperti dikutip Daily Mail, Rabu (5/2/2014).

Thomas mengungkapkan, jika terbukti merupakan spesies baru, temuan ini sangat layak untuk dipublikasikan. saat ini, pihak museum berencana untuk menyelidiki lebih lanjut.

Jika terbukti kebaruannya, kata Thomas, maka spesies itu bisa dinamai "chadwickii", sesuai nama sekolah tempat penemuannya, Chadwick School.

Byhower mengaku senang atas kerjasama pihak museum. "Kami senang Natural History Museum membantu menganalisis lebih lanjut fosil kami dan berbagi temuannya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com