Kompas.com - 10/02/2014, 15:39 WIB
Wajah Bumi dan Bulan yang dipotret oleh wahana antariksa Curiosity dari Mars pada 31 Januari 2014 lalu. NASAWajah Bumi dan Bulan yang dipotret oleh wahana antariksa Curiosity dari Mars pada 31 Januari 2014 lalu.
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Wahana antariksa Curiosity menangkap citra Bumi dan Bulan dari Mars. Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mem-posting-nya lewat akun Twitter wahana itu, Kamis (6/2/2014).

"Lihatlah kembali dalam kekaguman. Foto Bumi pertama saya dari permukaan Mars," demikian tweet wahana itu dari Indonesia.

Curiosity memotret wajah Bumi dan Bulan dari Mars itu delapan hari sebelum dirilis lewat Twitter. Wahana seberat 1 ton itu menggunakan instrumen Mastcam untuk memotret Bumi dan Bulan 80 menit setelah Matahari tenggelam.

NASA Citra Bumi dan Bulan dari Mars yang dipotret wahana Curiosity dan telah diperbesar.

Curiosity telah berada di Mars selama 529 sol (satuan hari di planet merah) di Mars. Namun, ini adalah foto Bumi dan Bulan pertama yang dihasilkan Curiosity.

Bila manusia berada di Mars, melihat Bumi dan Bulan tak perlu alat bantu. "Manusia dengan penglihatan normal, jika berdiri di permukaan Mars, bisa dengan mudah melihat Bumi dan Bulan sebagai dua bintang malam yang jelas," demikian pernyataan NASA yang dikutip CNN, Kamis.

Saat ini, Curiosity tengah menjalani salah satu bagian misi paling sulit, yakni menelusuri wilayah Dingo Gap di Kawah Gale yang kaya batu tajam dan bisa merusak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.