Punya Sejuta "Follower", BMKG Perlu Optimalkan Penggunaan Twitter

Kompas.com - 30/01/2014, 18:51 WIB
Akun Twitter BMKG kini memiliki lebih dari sejuta follower. BMKGAkun Twitter BMKG kini memiliki lebih dari sejuta follower.
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Lain dengan lembaga pemerintah lainnya, jumlah follower Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terbilang fantastis.

Selasa (28/1/2014), BMKG mengumumkan bahwa follower-nya mencapai 1 juta. Tepatnya, 1.008.849 saat berita ini diturunkan.

Jumlah tersebut jauh melebihi lembaga pemerintah lain, seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang hanya 15.417.

Dengan jumlah follower banyak, fungsi Twitter BMKG perlu dioptimalkan sehingga memberi manfaat kepada masyarakat, terutama di tengah beragam ancaman bencana seperti hujan, banjir, dan gempa.

Pengamatan Kompas.com, informasi cuaca saat ini yang disampaikan lewat Twitter BMKG hanya berupa citra potensi curah hujan se-Indonesia.

Informasi masih sangat umum dan belum mengelaborasi dampak beragam faktor seperti bibit siklon, adanya pusaran, dan lainnya.

Contoh kasus, sebelum banjir Manado terjadi, tidak ada peringatan dini adanya hujan lebat yang mungkin terjadi akibat bibit siklon.

Pakar meteorologi Institut Teknologi Bandung (ITB), Zadrach Ledoufij Dupe, mengapresiasi langkah BMKG menggunakan media sosial, tetapi mengatakan bahwa informasi yang diberikan harus jelas.

"Seharusnya, informasi berupa statement dan jelas," kata Zadrach saat dihubungi Kompas.com, Kamis (30/1/2014).

Zadrach juga mengungkapkan masih perlunya pengembangan situs web BMKG dalam memberikan informasi yang lebih mudah dicerna.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X